x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Tampung Air Hujan Meminimalisir Banjir

Oleh : Munfarihatun Millah

Pada tahun 2019 ini, sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Rata-rata awal musim hujan terjadi sejak memasuki bulan November 2019, namun di sebagian wilayah Indonesia lainnya terjadi sejak Oktober 2019. Menurut catatan Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam www.bmkg.go.id, di perkirakan musim hujan tahun ini akan mencapai puncaknya di bulan Januari hingga Februari 2020.

Memasuki musim hujan tentunya kita perlu waspada terhadap bencana yang biasanya  terjadi di musim ini, contohnya seperti bencana banjir. Banjir bisa terjadi saat wilayah yang di guyur hujan tidak dapat menampung air. Air hujan yang turun tidak dapat mengalir begitu saja ke dalam selokan-selokan karena saat musim kemarau sudah kering dan di penuhi sampah.

Solusi yang bisa dilakukan untuk hal tersebut selain membersihkan sampah di selokan adalah mempersiapkan talang air untuk menampung air hujan yang turun. Yang perlu di perhatikan jika di rumah sudah tersedia talang air adalah dengan melihat kebersihan talang air. Tentunya talang air tidak akan di perhatikan saat musim kemarau, oleh karena itu pengecekan sebelum musim hujan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Selain itu persiapkan drum besar yang di gunakan sebagai wadah air yang mengalir dari talang air tersebut.

Melalui talang air tersebut, air hujan yang turun akan di tampung dan masuk kedalam drum besar. Sehingga selain meminimalisir bencana banjir juga  dapat bermanfaat untuk keperluan sehari hari seperti mandi,memasak,mencuci dan yang lainnya. 

Munfarihatun Millah,Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia