x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Tak Perlu Meriah Rayakan Tahun Baru


Sebentar lagi, kita akan mengadapi pergantian tahun, dimana banyak orang yang merayakan momen yang terjadi satu tahun sekali tersebut. Bagi masyarakat pada umumnya, perayaan tahun baru ini harus menjadi momen yang berbeda dari momen yang lainnya. Biasanya masyarakat menyebut perayaan ini dengan nama "Malam tahun baru".


Pada malam sebelum tahun baru tiba, biasanya masyarakat mengadakan kegiatan-kegiatan tertentu. Kegiatan yang masyarakat sering lakukan, diantaranya: bakar-bakar sate, jalan -jalan malam, kumpul dengan keluarga, berdzikir bersama-sama dan masih banyak lagi. Semua yang diadakan, pasti mempunyai tujuan masing-masing ya.

Oh ya, hal yang menjadi ciri khas dari perayaan malam tahun baru yaitu menyalakan kembang api. Sebenarnya, penggunaan kembang api ini bisa jadi bahaya loh. Bahaya yang ditimbulkan antara lain, rusaknya atmosfer bumi secara perlahan karena asap yang ditimbulkan selain itu, tidak sedikit juga musibah kebakaran yang disebabkan kembang api tersebut.

Kebanyakan di negara orang, menyalakan kembang api tersebut sudah menjadi tradisi. Seperti di negara-negara eropa yang mana kembang api selalu dinyalakan ketika jam malam tepat menunjukkan pukul 24.00 yang mana menandai pergantian tahun. Begitu pula di negeri kita Indonesia, banyak yang melakukan hal seperti itu juga. Bahkan bisa dikatakan sudah menjadi tradisi yang tidak boleh terlewatkan.


Untuk tahun baru yang akan datang sebentar lagi, yaitu pergantian tahun 2019 ke tahun 2020, gunakan momen malam tahun baru ini dengan hal-hal yang menurut kita bermanfaat bagi kita maupun orang lain. Tidak perlu meriah, asalkan kita bahagia menjalaninya. Sebaiknya kita lebih mempersiapkan diri kita untuk mengahadapi tahun yang akan datang. Berikan motivasi kepada diri kita untuk lebih baik kedepannya dan menjadikan peristiwa yang terjadi tahun lalu sebagai pelajaran dan mengambil setiap hikmahnya.

Syifa Avifah Zahra
Mahasiswa UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia