x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Siapkan Diri Sebelum Musim Hujan


Oleh : Sherly Zihan Azhari

Indonesia merupakan negara beriklim tropis, yaitu daerah dengan suhu hangat yang disinari oleh sinar matahari sepanjang tahun. Negara beriklim tropis hanya memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan.

Pada tahun ini musim kemarau cukup panjang bahkan dibeberapa daerah dipulau Jawa mengalami kekeringan ekstrem. Akibatnya musim penghujan pada tahun ini sedikit melambat, diperkirakan hujan akan mulai turun secara signfikan pada akhir November dan Desember.

Oleh sebab itu, saat ini kita berada tepat di musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Pergantian musim tersebut menyebabkan perubahan kelembapan udara dan suhu yang cukup ekstrem. Hal ini mengakibatkan seseorang yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik mudah terkena penyakit, seperti flu, demam, batuk, DBD dan lain sebagainya. Untuk itu kita harus mempersiapkan diri menghadapi musim pancaroba sekaligus musim penghujan yang sudah didepan mata.

Untuk mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh kita, yang paling awal kita harus lakukan adalah menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan sebelum makan dan minum, mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Membersihkan tempat penyimpanan makanan, dapur, toilet dan area yang biasa kita gunakan sehari-hari seperti kamar tidur atau ruang tv. Perbanyak minum air putih, asupan vitamin dan gizi yang cukup, serta berolahraga dan beristirahat yang teratur. Siapkan juga beberapa stok baju hangat dan jangan lupa untuk selalu membawa payung kemanapun kita pergi. Jika sudah terlanjur terkena air hujan, maka cepat-cepat mandi dengan air hangat. Usahakan setelah mandi hangatkan badan dengan makan dan minum dengan yang hangat, seperti sup, mie rebus dan teh.

Selain rawan terkena penyakit, di musim penghujan rumah kita sangat beresiko mengalami kerusakan seperti  korsleting listrik, kebocoran dan lembap. Korsleting listrik dapat menyebabkan kebakaran yang tentunya sangat berbahaya bagi anggota keluarga bahkan lingkungan sekitar kita. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut pastikan seluruh stop kontak dan kabel dalam keadaan baik, tidak terkelupas atau mudah terkena air hujan, periksa pula keadaan genteng dan langit-langit. Usahakan sistem ventilasi terpasang dengan baik agar pergantian udara dapat bergerak secara efisien dan stabil. Dengan persiapan yang matang dan baik, maka musim penghujan dapat kita sambut dengan gembira dan sukacita.

Sherly Zihan Azhari, Mahasiswa KPI 3D, Desa Jalaksana, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan, 089660951271, sherlyzihanazhari@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia