x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Siapa pun Bisa Nulis Berita

Pertama kali kami diberi tugas oleh dosen mata kuliah Jurnalisme Dakwah untuk mencari berita mengenai masjid yang ada di sekitar Cibiru, Cileunyi, dan Panyileukan dengan syarat masjid yang akan diberitakan memiliki kegiatan minimal salat jumat. Hal itu menjadi mimpi buruk bagiku mengingat itu adalah pertamakalinya aku harus menulis berita. Ditambah kami harus mencari masjid yang memiliki banyak kegiatan seperti pengajian atau yang sejenisnya.

Aku pun menghela nafasku dengan panjang, sambil melapangkan dada untuk menerima tugas tersebut yang menurutku cukup berat. Mulailah aku mencari masjid yang akan diberitakan. Aku sempat bingung mencari masjid mana yang banyak terdapat kegiatan didalamnya. Setelah aku ingat-ingat ternyata masjid dekat tempat kosanku juga memiliki banyak kegiatan, seperti pengajian anak-anak, salat jumat, dan lain-lain. Masjid ini bernama Masjid Jami' Al-Fattah yang berada di Jalan Cibiru Indah V, Ds. Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi.

Selesailah masalah mencari masjid, namun muncul kembali masalah yang lain yaitu isu apa yang harus aku angkat menjadi berita. Kebetulan pada waktu itu sedang ada pengajian anak-anak, aku pun menjadikan itu sebagai isu berita yang akan kuangkat. Selesailah masalah ketiga, muncul masalah ke-empat. Aku harus mencari lagi berita tentang kegiatan yang ada di masjid tersebut. Aku pun pusing dibuatnya, karena setauku kegiatan di masjid tersebut hanyalah pengajian anak-anak saja tidak ada yang lain. Namun saat belajar mata kuliah Pengantar Ilmu Jurnalistik, pikiranku mulai terbuka tentang bagaimana sesuat bisa menjadi berita.

Akhirnya pemikiranku mulai kritis, aku lebih bisa mengangkat suatu kejadian yang biasa menjadi bernilai berita. Aku mulai menemukan berita-berita dari hal yang ku anggap sepele. Tidak hanya itu, aku juga mencari pengetahuan tentang bagaimana contoh berita yang bagus sehingga berita yang ku tulis bisa menarik. Namun masalah tidak sampai pada hal itu, aku masih harus melawan sifat malasku agar aku bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan agama.­

Nur Bayu Tri Santika - Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia