x
BREAKING NEWS

Senin, 23 Desember 2019

Sholat Istisqo Menjadi Solusi di Beberapa Daerah di Indonesia

Oleh : Mu'ayad Khatami

Banyak yang mengeluhkan ketika datang musim kemarau yang tidak kunjung usai, terutama para Petani, pengusaha perikanan, dan pemilik wisata air. Di beberapa daerah seperti Kudus. Menurut Noor Hadi selaku Rois Syuriah NU Desa Kadungsari Kudus, mengatakan "Solat Istisqo di ikuti kurang lebih 1000 orang jamaah di lapangan terbuka, jamaah dianjurkan membawa hewan peliharaannya ke lapangan agar merasa kehausan diharapkan ikut berdoa meminta kepada Allah agar segera di turunkan hujan. Bukan hanya di kota Kudus beberapa daerah seperti Serang, Sulawesi – Selatan dan masih banyak lagi. Sudah melakukan solat istisqo dengan harapan semoga Allah SWT, segera menurunkan hujan.

Namun musim kemarau juga tidak hanya membuat semua warga mengeluh tetapi juga membawa berkah seperti pemukiman yang dekat dengan sungai atau rawa. Warga setempat memanfaatkan musim ini dengan mencari ikan. Kali ini bukan dengan alat pancing tetapi cukup dengan tangan kosong ikan sudah bisa di dapatkan, karena air yang terdapat di rawa atau sungai sudah mulai menyusut bahkan habis. Menurut tuturan salah satu warga yaitu Adit Makarti mengatakan "Lumayanlah untuk makan hari ini".

Bahkan ada yang mengatakan bahwa, kebakaran yang terjadi di hutan-hutan Indonesia adalah salah satu sebabnya akibat kemarau yang tidak kunjung selesai. Terlepas dari gajalan alam tersebut ada yang lebih penting yaitu : kesadaran menjaga lingkungan kita agar tetap terjaga keseimbangan cuaca dana lam lingkungannya. Ada yang kita lakukan terhadap alam saat ini, jika itu adalah hal baik, maka alam akan membalas dengan keindahan dan manfaat yang tidak terhenti. Namun jika kita membuat alam itu rusak maka bersiaplah, kita akan dirusak bahkan ditiadakan di muka bumi ini.

Status : Mahasiswa UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia