x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Shock Therapy,Langkah Tegas Bersihkan Korupsi Di BUMN

Oleh : Munfarihatun Millah

Tanggal 10 Desember di Indonesia di peringati sebagai Hari Hak Asasi Manusia. Tentu setiap warga negara memiliki hak untuk dilindungi hak asasinya oleh negara. Salah satunya adalah negara wajib mencegah tindak pidana korupsi. Jika negara memang melindungi hak asasi warga negaranya tentu perlu memberantas tindakan korupsi terutama korupsi yang dilakukan terhadap anggaran negara yang seharusnya digunakan untuk membiayai rakyat.

Kini kembali hangat di perbincangkan tentang citra buruk kinerja para direksi BUMN. Yang terbaru kasus penyelundupan Harley oleh Dirut Garuda Indonesia.Tentu hal itu menambah kesan negatif masyarakat kepada BUMN. Bagaimana tata kelola perusahaan di BUMN kentara sangat buruk hingga BUMN di cap sebagai sarang korup.

Erick Tohir selaku Mentri BUMN di harapkan dapat memberikan kerja nyata dan membuktikan kepada rakyat bahwa ketegasan terhadap tindak korupsi memang sudah benar-benar harus di hadapi dengan serius. Langkah awal baik yang sudah di lakukan Erick Tohir adalah memecat Dirut Garuda Indonesia dalam kasus penyelundupan tersebut.Hal ini dilakukan sebagai shock therapy dalam upaya mencegah terulangnya kasus yang sama.Shock therapy perlu dilakukan agar para direksi BUMN tidak main-main dengan tindakan korupsi maupun penyelundupan dengan memanfaatkan jabatan.

Tindakan tegas tersebut menjadi gerbang awal untuk membersihkan kasus-kasus lain di BUMN hingga ke akarnya. Beberapa hal yang perlu di perhatikan agar BUMN menjadi lebih baik adalah dengan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap BUMN terlebih dahulu , selain itu melakukan evaluasi terhadap orang-orang di dalamnya, lalu memilih dan menempatkan orang-orang yang berkompeten,mempunyai kredibilitas dan akhlaq yang baik. Dan diharapkan Mentri BUMN beserta jajarannya dalam menghadapi banyaknya perusahaan di bawah naungan BUMN tidak lantas menjadi tebang pilih dalam memberantas korupsi.

Munfarihatun Millah,Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia