x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Sesaknya Bernafas Dibumi Nusantara

Oleh : Muhammad Ikhsan Rizki Ramadhan

Pembakaran hutan di Indonesia sudah sering kali terjadi, dan kejadian ini tidak hanya terjadi satu kali dua kali saja bahkan sampaikan berkali-kali. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi kita semua, karena seharusnya hutan yang kita miliki itu terjaga sepenuhnya sehingga bisa menjadi tempat dan juga habitat yang nyaman bagi setiap makhluk yang hidup didalamnya, akan tetapi justru malah berbanding terbalik dengan kenyataannya, dimana banyak hutan yang seharusnya dijaga malah dibakar secara membabi buta oleh sekelompok orang dan lembaga tertentu yang tidak bertanggung jawab. Sebagaimana yang terjadi di minggu-minggu terakhir ini, didaerah Kalimantan dan Riau banyak terjadi pembakaran hutan dan belum diketahui siapa pelakunya, para petugas pemadam kebakaran dibantu oleh masyarakat sekitar terus melakukan upaya-upaya pemadaman atas titik-titik api yang tersebar hampir diseluruh hutan.

Sampai kabar terakhir yang diperoleh, beberapa titik api masih belum bisa dipadamkan karena adanya kendala dalam pemasokan air, hal ini menimbulkan sulit padamnya api dibeberapa titik tertentu. Kebakaran hutan di kalimantan bukanlah kali ini saja terjadi, sebelumnya pernah terjadi pula kebakaran yang sama dan dengan hebatnya melanda beberapa hutan dikalimantan yang efeknya menjadikan kalimantan diselimuti oleh kabut yang tebal selama berminggu-minggu, sekolah-sekolah diliburkan, kantor-kantor ditutup sementara dan bahkan sampaikan transportasi lumpuh karenanya dan menjadikan banyakanya kecelakaan terjadi dimana-mana dikarenakan jalanan tertutup kabut yang begitu pekatnya. Mendapati bencana ini sudah sebegitu parahnya, maka seharusnya pemerintah Indonesia sudah harus benar-benar serius mengangani bencana ini, karena bencana ini tidak hanya memberi efek buruk bagi lingkungan sekitarnya namun juga memberi efek buruk terhadap kesehatan masyarakat yang hidup disekitarnya. Lebih lagi bencana asap ini sekarang sudah merambah sampai ke negara tetangga yaitu Malaysia dan juga Singapura.

Sebetulnya kalau pemerintah mau sedikit lebih serius saja menanggapi bencana besar yang hampir setiap tahun terulang ini, cukup bagi pemerintah untuk mengusut tuntas tentang siapa dalang sebenarnya dari kasus pembakaran hutan ini serta menindak tegas pelakunya, niscaya bisa diperkirakan kedepannya tidak akan ada lagi hal yang serupa terjadi di bumi pertiwi. Namun alangkah sangat disayangkannya adalah respond pemerintah yang seolah-olah lamban dalam menangani dan mengusut pelaku pembakaran hutan yang sebenarnya, karena berdasarkan informasi yang beredar bahwa kasus pembakaran hutan ini ternyata bukan digagas oleh orang perorangan akan tetapi diinisisasi oleh salah satu perusahaan yang cukup besar diIndonesia. Karena hal ini, akhirnya banyak masyarakat yang cukup geram dan kesal dengan pembakaran hutan ini, karena seolah-olah bencana ini tidak pernah ada akhirnya hanya karena disebabkan belum adanya keseriusan dari pemerintah untuk mengusut tuntas kasus pembakaran hutan ini.

Muhammad Ikhsan Rizki Ramadhan, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia