x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Sedia Jahe di musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, orang cenderung sakit,dan mudah terkena penyakit seperti , flu dan batuk, DBD, demam tifus, diare serta Penyakit kencing tikus. Yang di sebabkan oleh kurang nya sanitasi lingkungan tempat dimana kita tinggal, selain karena faktor kurang di perhatikannya kebersihan lingkungan, hal ini juga di sebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, salah satu hal yang mesti di persiapkan dalam menghadapi musim penghujan adalah sedia jae untuk memelihara imunitas tubuh.

Ketika kita kehujanan, suhu tubuh akan menurun, pada saat itu temperatur suhu Anda menurun. Apalagi jika pakaian yang Anda kenakan basah terkena air hujan, hal ini menyebabkan suhu tubuh anda menurun drastic (hipotermia), hal ini terjadi karena tubuh kehilangan suhu panasnya, Hipotermia memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun yang menyebabkan peluang Anda terinfeksi virus/bakteri lebih besar. Tak jarang hujan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi dalam hal ini bukan penyebab langsung Anda sakit, menurun nya sistem kekebalan tubuh pada saat musim hujan menjadi penyebab banyak yang terserang penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap terjaga, mengkonsumsi jahe secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Rasa pedas dan hangat ketika di konsumsi membantu menjaga temperatur tubuh agar tidak menurun secara drastis, sehingga kndisi system imun akan terjaga. Di dalam jahe terdapat senyawa bernama gingerol yang bersifat anti peradangan, oleh karena itu seseorang yang mengalami sakit di bagian tubuh tertentu seperti nyeri sendi ataupun osteoforosis dapat berkurang rasa sakitnya. Selain itu juga kandungan dalam jahe dapat mengurasi rasa menstruasi pada wanita. Selain memiliki khasiat sebagai anti peradangan, jahe juga juga memiliki manfaat membuang gas berlebih dalam perut ( carminative ), sehingga bagi kalian yang masuk angin ketika kehujanan jahe bisa menjadi obat untuk masuk angin, saat ini memang banyak banyak produk minuman dsb yang mengandung jahe di pasaran, hanya saja biasa nya sudah mengandung tambahan gula, untuk mendapat hasil yang maksimal, campurkan jahe di minuman ataupun makanan, misalnya: potong jahe menjadi beberapa bagian lalu geprek, kemudian masukan ke air yang masih panas ( wedang ), ataupun bisa di campurkan dengan kopi, teh. Ataupun jus anda. Selain dapat di campurkan dengan minuman, jahe pun dapat di tambahkan kedalam masakan seperti olahan seafooed, mie ramen, topping salad, dsb. Karena dengan menambahkan jahe pada makanan bermanfaat bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, selain itu untuk mengatasi masalah pencernaan, sebagai detoktifikasi racun, serta mencegah kanker usus besar karena kandungan phenolic dan sifat jahe sebagai carminative. Jadi sebagai antisipasi terhadap musim hujan, sedia jahe bisa menjadi alternative dalam menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi nya baik di campur dengan minuman ataupun makanan kita, tentu nya dengan konsumsi secukup nya dengan tidak berlebih.

Tendi Setiawan KPI 3D

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia