x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Saatnya Menghemat Air

Oleh : Muhammad Ikhsan Rizki Ramadhan

Berbulan-bulan sudah air hujan tidak turun disebagian besar wilayah diIndonesia, hal ini menyebabkan beberapa wilayah diIndonesia tersebut dilanda kekeringan yang cukup parah. Hal ini pastinya merupakan sebuah persoalan yang cukup pelik bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang mana mayoritas warganya sangat bergantung pada air, barang tentu ketika tidak adanya air menjadikan mereka kesulitan dalam menjalani hari-hari dalam kehidupan terkhusus bagi masyarakat yang memang berada jauh dipelosok.

Akibat dari adanya kemarau panjang ini, banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang kurangnya pasokan air yang ada dan juga mulai banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang berbagai penyakit yang mulai menjangkit mereka sedari awal musim kemarau berlangsung. Hal ini sepatutnya harus sudah menjadi perhatian bagi kita semua dan terkhususnya bagi pemerintah untuk segera melakukan tindakan berupa penanganan-penanganan awal dalam menghadapi musim kemarau panjang ini diantaranya adalah berupa himbauan untuk menghemat air bersih. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat banyak-banyak menghemat air dengan tidak menghambur-hamburkannya dan hanya mempergunakannya untuk segala sesuatu hal yang dirasa penting saja. Sebagai contoh adalah memepergunakan air hanya untuk kebutuhan mencuci, mandi, dan juga kebutuhan minum untuk hewan ternak.

Akibat kemarau panjang ini pula, mulai bermunculan berbagai penyakit yang menyerang masyarakat terkhusus anak-anak, seperti penyakit kulit, pencernaan dan berbagai macam penyakit lainnya. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang tua khususnya bagi mereka yang tinggal dipelosok yang dimana mereka sangat kesulitan untuk mendapatkan bantuan pengobatan. Tentunya, ketika sudah terjadi hal semacam ini maka sudah sepantasnya pulalah pemerintah memberikan perhatian yang serius terhadap kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tekhususnya di daerah pelosok yang sulit mendapatkan akses pelayanan air bersih ataupun pelayanan kesehatan dalam menghadapi musim kemarau ini.        

Muhammad Ikhsan Rizki Ramadhan, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia