x
BREAKING NEWS

Sabtu, 14 Desember 2019

Persiapkan untuk menghadapi musim hujan?   


    Indonesia merupakan negara yang memiliki dua muslim yaitu hujan dan kemarau. Dua musim ini akan berlangsung bergantian setiap 6 bulan pertahunnya. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan April sampai Oktober, sedangkan musim hijan terjadi pada bulan Oktober sampai April.  namun, faktor global warming, badai dan perubahan suhu dapat mempengaruhi prediksi terjadinya dua musim ini.

    Banyak sekali bencana yang terjadi ketika musim hujan seperti badai, longsor, banjir dan sebagainya. Sehingga hal ini membuat masyarakat khawatir ketika akan menghadapi musim hujan.

    Hal yang menyebabkan bencana-bencana tersebut selain karena faktor alam dan lingkungan juga dapat dikarenakan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. Longsor dan banjir terjadi karena kurangnya daerah resapan air seperti penggundulan hutan atau penebangan pohon secara ilegal yang menyebabkan tanah tidak dapat meresap air hujan.

    Selain itu, masyarakat yang kurang akan kesadaran betapa bahayanya membuang sampah sembarang atau membuang sampah kesungai yang menyebabkan saluran-saluran air dibawah tanah tersumbat oleh sampah-sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.

    Untuk itu kita harus sadar dan paham betul betapa pentingnya melestarikan lingkungan dan  mencintai lingkungan. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghadapi musim hujan seperti untuk jangka panjang melakukan penghijauan atau reboisasi yang dapat mencegah terjadinya longsor sekaligus mengikat air tanah sebagai candangan saat musim kemarau. Kemudian dengan membuat daerah-daerah resapan air di daerah pemukiman dan membersihkan selokan atau aliran-aliran air yang tersumbat.

    Ketika musim hujan telah tiba kita pun harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh kita, karena pada musim hujan tubuh akan rentan terserang virus dan bakteri penyakit. Seperti dengan meningkatkan asupan gizi yang baik bagi tubuh yang dapat kita temukan dalam berbagai buah-buahan, daging merah, makanan yang mengandung protein dan sebagainya.

    Selain itu kitapun harus mengimbanginya dengan olahraga secara rutin, tidak perlu jenis olahraga yang berat cukup dengan lari, jalan santai atau bersepeda jika memungkinkan. Ketika berpergian pun tidak lupa kita persiapkan payung atau jas hujan.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia