x
BREAKING NEWS

Minggu, 15 Desember 2019

Persiapan Atlet Sebelum Sea Games 2019 Manila

Nurlaela Romdoniah

Persiapan Atlet Sebelum Sea Games 2019 Manila 

Banyak orang yang suka berolahraga, baik olahraga berat seperti gym atau bahkan olahraga ringan seperti mengitari jalanan komplek. Namun sebelum berolahraga kita diharuskan untuk makan terlebih dahulu, agar fisik kita tidak mudah lelah atau tiba-tiba pingsan.

Begitu pula dengan para Atlet Sea Games 2019 Manila, mereka akan berjuang demi Indonesia. Maka mereka perlu asupan gizi dan persiapan lainnya. 

Pertama, cek kesehatan ke dokter. Sebelum bertanding, alangkah baiknya kita memeriksa kesehatan ke dokter. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa kita kuat untuk bertanding.

Kedua, berlatih dibidangnya. Atlet dianjurkan untuk terus berlatih, namun jangan dipaksakan terus menerus, harus ada jedanya. Supaya bisa mengimbangkan antara berlatih dan menjaga kesehatan lainnya.

Ketiga, nutrisi. Tujuan nutrisi adalah menyediakan cadangan energi dan cairan sehingga atlet dapat bertanding dalam kondisi terbaik. Nutrisi yang diperlukan sebelum bertanding; 3-4 jam makan makanan lengkap seperti nasi, dan susu. 2-3 jam makan makanan kecil, seperti roti. 1-2 jam minum yang cair seperti jus. 30-60 menit minum yang cair lagi, seperti air manis. Nutrisi yang diperlukan saat bertanding adalah air minum, atlet harus mengetahui kapan ia minum agar tidak dehidrasi. Sedangkan nutrisi setelah bertanding adalah seorang atlet harus minum 1-2 gelas, diberi snack ringan, dan setelah beberapa jam kemudian diberi makanan berat.

Selain persiapan fisik dan cukupnya makanan, atlet pun harus yakin bahwa ia bisa untuk bertanding, dan menang tentunya. Diiringi dengan berusaha, yakin, dan berdoa itulah kuncinya. Sekian semoga bermanfaat.

Nurlaela Romdoniah, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia