x
BREAKING NEWS

Senin, 23 Desember 2019

Permudah hidup dengan GRAB

Seperti yang kita ketahui, aplikasi grab ini merupakan aplikasi multifungsi yang dimana kita bisa mendapatkan apapun dengan mudah. Kata grab sendiri diambil dari bahasa inggris yang berarti mengambil / menangkap / merebut. Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara. Mereka menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang – dan pembayaran menggunakan dompet digital.

Seiring dengan perkembangannya, grab ini memperbanyak bentuk layanan seperti, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), taksi (GrabTaksi), kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh - Aceh hingga Jayapura - Papua.

Baru-baru ini Grab meluncurkan layanan GrabGerak, sebuah solusi untuk mendukung para penyandang disabilitas dalam bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Grab saat ini telah menyandang status sebagai startup "decacorn" (sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar US$10 miliar) pertama di Asia Tenggara.

Ditengah kemudahan dalam proses penggunaannya,  Grab memiliki cara kerja yang cukup rumit dan tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Contohnya dalam hal Komponen Sistem Informasi yang dimiliki ketiga startup tersebut. Inilah penjelasan singkatnya:

1.       Perangkat Lunak (soft ware) : adalah komponen yang memungkinkan perangkat keras untuk mengolah data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan. Grab telah menawarkan perangkat lunak pada aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Pengguna bisa dengan mudahnya terhubung dan memanfaatkan informasi yang ada. Dimana dan kapanpun mereka butuhkan.

2.       Perangkat Keras (hard ware) : merupakan komponen fisik dimana perangkat lunak berada. Perusahaan transportasi online menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang siap diinstal aplikasinya oleh user.

3.       Orang (human) : adalah semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan informasi, penggunaan, dan penggunaan data. Beberapa posisi penting dalam perusahaan transportasi online antara lain Programmer, System Analyst, Administrator Database, Driver atau suksesor layanan lainnya, dan User / Penumpang.

4.       Basisdata / Data : Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Pada grab antara lain adalah data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data ovo, dan lain-lain.

5.       Jaringan Komputer : merupakan media yang saling berhubungan secara komponen. Grab menggunakan jaringan internet, sehingga bisa terhubung kepada pengguna dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.

6.       Prosedur : Sekumpulan aturan yang digunakan untuk mewujudkan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki. Hal-hal yang terkait sistematika dalam aplikasi, seperti SOP Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP Rekruitmen, dan lain-lain

 

 

Penumpang bisa memilih alamat lengkap serta titik jemput untuk disimpan pada aplikasi. Bahkan penumpang juga bisa memberikan nama lokasi ini sesuai kebutuhan, seperti 'Rumah', 'Kantor', 'Sekolah' dan lainnya.

Lokasi-lokasi ini akan tersimpan dalam aplikasi Grab dan penumpang hanya perlu memilih titik jemput ini pada saat melakukan pemesanan dengan mudah didukung dengan maps juga.

Cara untuk memanfaatkan / menggunakan fitur ini adalah:

1)  Tekan 'Alamat tersimpan' dalam menu aplikasi Grab.

2)  Tekan 'Tambahkan Rumah' atau 'Tambahkan Kantor'.

3) Masukkan alamat rumah atau kantor dan tekan 'Simpan Alamat'.

4) Alamat tersebut akan muncul sebagai tombol cepat setiap kali penumpang memesan perjalanan.

Dengan kemajuan aplikasi yang bisa terbilang pesat ini pun membuat grab bisa dibilang lebih unggul dibandingkan aplikasi lainnya. Saat ini, Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 338 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 152 juta unduhan aplikasi. Termasuk Indonesia tempat Grab beroperasi di 224 kota dari Sabang hingga Merauke.

Dengan kemajuan teknologi ini juga bisa lebih mempermudah orang-orang yang sedang kesulitan untuk mendapat bantuan dimanapun dan kapanpun dia berada grab selalu sedia melayani dan membantu.

Aplikasi grab dapat ddengan mudah didapatkan di google play store atau di appstore. Selain menjadi konsumen, kita juga bisa menjadi driver dari grab itu sendiri. Hanya dengan mendaftarkan data diri, foto, KTP dan lain sebagainya. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia