x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Perlu Adanya Transparasi Dana


Berbicara terkait hal dana atau biaya, merupakan hal yang sangat sensitif. Sensitif disini maksudnya, amanah yang lumayan berat dan besar yang telah dipegang dan harus dipertanggung jawabkan. Dalam suatu organisasi. Agar sesama anggota dalam organisasi saling percaya satu sama lain, maka diperlukan sikap salng terbuka antar individu yang mana telah diamanahi pekerjaan yang mesti dipertanggung jawabkan nantinya.


Sikap saling terbuka antara satu sama lain dalam organisasi, merupakan hal yang terpenting yang harus dilakukan. Tidak memandang organisasi, baik organisasi kecil maupun organisasi besar, pastilah harus ada saling keterbukaan. Karena, dari adanya sifat keterbukaan satu sama lain, bisa membuat perusahaan atau organisasi dapat dipercaya oleh orang lain dan menciptakan kualitas yang baik.


Berbicara tentang organisasi dan perusahaaan, kita mengambil contoh dari perusahaan Badan usaha Milik Negara (BUMN). BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dari negara. BUMN bergerak dalam bidang ekonomi, yang mana menghasilkan berbagai barang dan jasa yang berguna untuk kesejahteraan rakyat.


Sikap keterbukaan di perusahaan BUMN, harus selalu diterapkan, karena kita melihat kembali bahwa modal yang diberikan merupakan dari pemerintah untuk rakyat yang mana memiliki tujuan dari perusahaan ini sendiri yaitu untuk mensejahterakan rakyat. Nah apa jadinya jika pada roda perusahaan ini tidak ada sikap keterbukaan?. jika tidak ada, maka tidak mustahil adanya kasus korupsi. Korupsi, adalah hal yang sangat merugikan. Bukan hanya merugikan perusahaan, tetapi rakyat dan negara juga ikut rugi.


Maka dari itu, sikap keterbukaan, haruslah selalu diterapkan. Pada setiap proses evaluasi, haruslah transparan terhadap pimpinan maupun anggota yang lainnya. Hal itu dilakukan, agar tidak terjadi kekeliruan diantara anggota. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kualitas perusahaan dan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan tersebut.


Syifa Avifah Zahra
Mahasiswa UIN SGD Bandung  

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia