x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Toleransi

Oleh: Tiara Ravilya Putri

 
Indonesia merupakan negara yang mempunyai keberagaman dengan suku, budaya dan agama yang berbeda-beda. Akan tetapi, perbedaan tersebut tidak membuat para masyarakat untuk bersikap intoleransi. Walau ada beberapa faktor yang mempengaruhi sikap intoleransi itu muncul. Sebagaimana dengan semboyan negara Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Yang memiliki makna meskipun memiliki keaneka ragaman, akan tetapi Indonesia tetap satu kesatuan.


Mahasiswa tidak sama seperti siswa. Sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk lebih mandiri dan juga bijaksana. Berbeda dengan yang bukan mahasiswa, dilingkungan kampus atau bahkan diluar lingkungan kampus sekalipun peran mahasiswa sangatlah penting. Selain dituntut dalam bidang akademis peran mahasiswa juga dituntut untuk membantu menyalurkan aspirasi masyarakat dan membantu mereka yang kurang memahami apa yang kita pahami. Mahasiswa bisa menjadi sebuah penghubung antar masyarakat dengan Lembaga-lembaga pemerintahan yang mereka butuhkan.


Dalam hal meningkatkan toleransi, mahasiswa harus mempunyai suatu program agar bisa menjadikan masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya saling bertoleransi. Penguatan karakter toleransi itu sendiri di dalam lingkungan kampus harus dan mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang tumbuh dan berkembang sebagimana peran dan fungsi mahasiswa.  



Tiara Ravilya Putri, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia