x
BREAKING NEWS

Senin, 23 Desember 2019

Peran Keluarga Tangkal Radikalisme

Pada zaman yang sudah canggih seperti sekarang, Kita bisa mengakses semua informasi yang kita inginkan dengan mudah.Tetapi dibalik kemudahaan itu ada dua hal yang bisa berdampak kepada diri kita, yaitu berdampak baik dan buruk.Contoh buruknya kita bisa saja terpapar paham-paham Radikalisme.

Paham Radikalisme adalah suatu paham atau ideologi yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik yang sudah ada, Biasa nya mereka melakukannya dengan menggunakan cara-cara kekerasaan.

Paham-paham seperti itu sangat mengancam keutuhan dan kerukunan masyarakat Indonesia karena paham Radikalisme itu membuat orang yang terpaparnya menjadi intoleran (tidak mau menghargai pendapat &keyakinan orang lain), Fanatik (selalu merasa benar sendiri menganggap orang lain salah), Eksklusif (membedakan diri dari umat Islam umumnya) dan Revolusioner (cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan).

Untuk mencegah berkembangan nya paham Radikalisme ada cara-cara yang harus dilakukan, Contoh nya dalam luang lingkup keluarga, Orang tua bisa memberikan pemahaman agama secara benar dan utuh kepada anak.

 Memperkuat Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam implementasi atau praktik kehidupan sehari-hari. Cara itu juga bisa membuat kita tidak mudah terpeengaruh oleh paham-paham radikal yang kian hari kian ganas

Kita harus jadi masyarakat yang cerdas dalam menerima informasi di zaman sekarang ini.Karena kalau kita tidak cerdas dalam menerima informasi yang kita dapatkan kita bisa salah  mengartikan dan paham paham jahat seperti radikalisme dapat mempengaruhi kita.

 

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Komp Rss Pemda Blok E5 NO 15

085945036108

reynaldiilham610@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia