x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Pentingnya Toleransi antar Umat Beragama di Kalangan Masyarakat dan Mahasiswa

TOLERANSI adalah suatu sikap yang saling menghargai kelompok – kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Toleransi adalah suatu perbuatan yang melarang terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat. Toleransi ini bisa terlihat jelas pada agama, toleransi agama sering kita jumpai di masyarakat. Adanya toleransi agama menimbulkan sikap saling menghormati masing – masing pemeluk agama. Dan dalam kata lain bahwa sikap toleransi sangat penting karena dengan toleransilah kita dapat menciptakan sikap saling menghargai antar satu dengan yang lain. Apalagi sebagai seorang mahasiswa kita harus menanamkan sikap saling toleransi dari sekarang demi terciptanya saling menghargai antar umat beragama dalam lingkup kemahasiswaan.

Manusia merupakan maklhuk yang berbeda dengan makhluk hidup lain, mempunyai pikiran, akal, dan perasaan Namun, dengan segala pikiran, akal dan perasaannya manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain atau manusia lain dalam hidupnya. Oleh karena itu manusia disebut maklhuk sosial. Dan akibat dari pergaulannya dengan manusia lain, maka kehidupannya tidak selalu berjalan mulus. Beberapa diantaranya akan timbul persingungan dan gesekan dengan manusia lain. Karena setiap manusia pada sarnya unik, dan tidak bisa disamakan.

Untuk menghindari persingungan atau gesekan dengan orang lain atau kelompok masyrakat lain atau dalam kalangan mahasiswa , maka dikembangkan sikap hiodup toleransi. Sikap yang harus dimiliki setiap manusia bila ingin hidupnya berhasil di tengah – tengah masyarakat. Sikap toleransi ini juga hadir karena keanekaragaman manusia, baik secara fisik,akal perasaan,pendapat,hingga perbedaan suku,warna kulit,ras dan agama.

Di era globalisasi sekarang ini sikap saling menghargai dengan cara bertoleransi antar sesame sudah semakin sulit untuk ditemukan apalagi bagi kalangan anak muda sekarang ini. Bisa sering kita temukan, kita lihat, dan kita dengar di berbagai pemberitaan – pemberitaan bahwa banyak sekali kasus tidak adanya toleransi dan saling menghargai antar umat agama seperti dikalangan masyarakat yaitu mayarakat Indonesia membiarkan komunis dan ajarannya di zaman baru merdeka, karena dianggap pada saat itu, komunis menguntungkan posisi Indonesia yang saat itu bersebrangan dengan Barat atau anti Amerika, dengan berdirinya poros Indonesia – Peking.

Sikap Toleransi dikalangan mahasiswa saat ini menurut saya masih sangat jauh dari kata sempurna apalagi banyak sekali keberagaman yang ada di Indonesia mulai dari agama, ras, suku dan masih banyak lagi. Tapi disini yang akan saya bahas secara rinci adalah Toleransi antar umat beragama di kalangan mahasiwa seperti yang kita tahu bahwa agama di Indonesia sendiri teridiri atas agama islam, agama Kristen, agama katholik, agama budha,agama hindu, agama konghucu, yang masing- masing dari agama tersebut memiliki cara tersendiri untuk menyembah Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh dari toleransi antar umat beragama ialah sikap diri kita sebagai mahasiswa atau pun sebagai masyarakat yang dengan keyakinannya kepada Tuhan Yang Maha Esa yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Toleransi tersebut dikembangkan dalam bentuk saling menghormati dan saling menghargai antar sesame umat beragama. Toleransi juga tidak mengijinkan perbuatan diskriminatif terhadap pemeluk agama lain.

Ada tiga toleransi beragama antar mahasiswa maupun masyarakat (Yosef Lalu,2010). Toleransi negatif adalah toleransi individu atau kelompok lain yang berbeda, dimana isi atau ajaran serta penganutnya tidak dihargai namun dibiarkan saja. Toleransi Positif adalah sikap toleransi yang tidak menghargai isi atau ajaran agama lain yang berbeda, namun menghargai pemeluk atau penganutnya.Toleransi Ekumenis adalah toleransi yang menghargai semua bentuk pembedaan, baik toleransi maupun isi, ajaran keyakinan indivisu lain dan toleransi pada setiap umat yang memeluknya

Siti Rohilah
KPI 3 D

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia