x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Pentingnya Saling Menghargai

Oleh : Rafli Husein Amarullah  
 

Toleransi. Ialah merupakan sebuah sikap seseorang dalam menghargai prinsip serta keyakinan orang lain. Ini merupakan salah satu definisi dasar daripada toleransi.

Kita juga merupakan makhluk yang telah diciptakan oleh Tuhan YME dengan berda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dengan perbedaan yang telah diciptakan inilah, Tuhan YME yaitu Allah Swt memerintahkan kita untuk saling memahami satu sama lainnya, serta saling menghargai satu sama lainnya. Tentunya hal itu dilakukan dengan cara kita harus saling mengenal antara satu sama lainnya.

Sebagaimana perintah dan firman Allah Swt di dalam Al Quran, "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal…."QS. Al Hujurat : 13

Kita juga memang ditugaskan oleh Tuhan YME yaitu Allah Swt untuk menyeru manusia lainnya kepada kebajikan, akan tetapi tentunya dengan cara yang baik, jangan ada pemaksaan kehendak agar orang lain harus mengikuti kita.

Jika orang tersebut tidak menerima ataupun tidak ingin mengikuti ajakan kita maka cukup lah ia dengan prinsipnya. Karena sesungguhnya Tuhan YME lah yang lebih mengetahui apakah ia termasuk kedalam barisan orang-orang yang melaksanakan kebajikan ataupun tidak.

Sebagaimana firman Allah Swt di dalam Al Qur'an, "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk." QS. An Nahl : 125

Maka dari itu, dalam menjalani kehidupan yang beraneka ragam ini. Marilah kita bersama-sama untuk hidup dengan sikap Toleransi, saling memahami, dan saling menghargai. Marilah kita tumbuhkan rasa cinta kita terhadap saudara-saudara kita, baik itu yang memiliki keyakinan yang sama ataupun tidak. Karena sesungguhnya dimata Tuhan kita adalah sama yaitu manusia. Dan Tuhan pun menciptakan keberagaman dimuka bumi ini ialah agar kita sebagai makhluknya saling melindungi dan saling menjaga satu sama lain, bukan saling menindas, merendahkan, dsb, antara satu sama lain.

Ingatlah untuk terapkan sebuah prinsip "memanusiakan manusia" dalam kehidupan kita.


Rafli Husein Amarullah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia