x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Pentingnya Kebersihan Diri Dikala Musim Hujan

Musim hujan yang kini sudah ada didepan mata merupakan hal yang paling dinantikan oleh semua orang, yang mana selama berbulan-bulan ini tidak pernah merasakan sentuhan air yang jatuh dari langit tersebut. Namun musim hujan ini selain hal yang dinanti tentu juga harus di waspadai, mengapa demikian? karena salah satu dampak  dari datangnya musim hujan ini adalah kesehatan tubuh yang bisa saja terganggu, penyakit yang sering menyerang dikala musim hujan datang salah satunya adalah  infeksi nafas, flu, filek, sakit tenggorokan, diare bahkan demam berdarah bisa saja terjadi.

Ketika kita tidak teliti menjaga kondisi tubuh, bisa jadi kekebalan tubuh kita akan menurun sehingga mudah terserang penyakit, untuk itu pastikan tubuh kita tetap terjaga selama musim hujan dan pancaroba. Kemudian terdapat kepercayaan bahwa hujan yang pertama kali turun dikala akan datang musim hujan, dapat membahayakan kesehatan tubuh, karena hujan pertama yang turun disini berfungsi membersihkan pencemaran atmosfer sehingga zat-zat bahaya yang berada di atmosfer menempel dan terbawa bersama air hujan yang turun,. Oleh karena itu hindarilah air hujan yang pertama kali turun. Selain larangan menghindari air hujan yang pertama kali turun, salah satu bentuk pencegahan penyakit menyerang dikala musim hujan adalah menjaga kebersihan diri.

Menjaga kebersihan diri dikala musim hujan datang sangatlah penting kita lakukan, jika tidak hal ini dapat mengundang berbagai penyakit datang dan menyerang. Jangan biarkan sampah menumpuk di dalam rumah baik itu dikamar,dapur,toilet maupun ruangan lainnya, karena sampah merupakan sarang nyamuk dan penyakit yang tentunya akan menyerang kesehatan tubuh kita.

Setelah ruangan yang ada di dalam sekitar kita bersih dan nyaman, pastikan juga kita selalu mecuci tangan dan kaki setelah beraktivitas, walaupun ketika musim hujan tangan kita dirasa seperti tidak akan kotor karena selalu terbasuh oleh air hujan, jangan salah justru bagian tubuh tersebut merupakan salah satu sarang bakteri dan virus yang ada didalam diri kita, hingga sewaktu-waktu tanpa kita sadari bagian tubuh inilah yang menyebabkan berbagai penyakit datang. 

Siti Rohmah
Mahasiswa UIN SGD Bandung, Kp.Cibodas RT 01 RW 01 Desa Cibodas, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
085846414907, sitirohmahdpll@gmail.com.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia