x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

[ OPINI ] Lambatnya Roda Regenerasi Atlet

Pagelaran Sea Games 2019 baru saja usai. Lebih dari yang ditargetkan, Indonesia berhasil meraih total 267 medali dengan 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. Sayang Indonesia harus puas dengan hasil akhir di posisi ke empat.

Dengan kualitas atlet, seharusnya Indonesia dapat meraih hasil lebih. Namun sayangnya terjadi perputaran yang sangat lambat dari roda regenerasi atlet Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan gagalnya bulutangkis putri untuk meraih emas di nomor beregu. Juga gagalnya Garuda muda dilaga puncaknya.

Selain harus berfokus untuk menemukan bibit unggul, pihak Pelatnas juga harus bisa mengelola bagaimana membentuk dan mempertahankan kualitas atlet dari generasi ke generasi. Sehingga prestasi dapat terus diraih tanpa harus ada istilah 'puasa medali'.

Kurangnya kedisiplinan yang diterapkan juga disinyalir menjadi salah satu penyebab hasil yang kurang maksimal. Berkaca dari laga final cabang sepak bola, timnas Vietnam memiliki kedisplinan yang sangat tinggi. Pertahanan mereka sangat rapat hingga tak tertembus.

Terlepas dari hal diatas, para atlet yang berjuang juga pantas mendapat apresiasi yang layak. Semangat mereka membela tanah air tak dapat diacuhkan. Semoga roda regenerasi atlet Indonesia bergera lebih cepat agar tak ada semangat yang sia-sia.

Oleh :
Nurbaiti Dwi Damayanti, Mahasiswi KPI UIN SDG Bandung
Jl. Pojok Selatan II RT 01 RW 12 no.26 Cimahi. 40524
081902076358 / nurbaitidwi@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia