x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

[OPINI] Konservasi Air Bisa Sebagai Jawaban

Sudah berbulan-bulan Indonesia dilanda kemarau yang berkepanjangan. Bahkan sebagian wilayah Indonesia seperti pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara diprediksi akan terlambat untuk menikmati hujan.

Seperti menjadi suatu permasalahan yang tak kunjung selesai. Ketika kemarau yang panjang melanda, kekeringan ikut menyertai. Masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Sebaliknya, ketika musim hujan mulai tiba, masyarakat khususnya yang tinggal di kawasan rendah, cemas jika debit hujan yang turun berlebihan akan mengakibatkan banjir.

Hal tersebut diakibatkan oleh pesatnya pembangunan yang terjadi namun tak diiringi dengan kesadaran akan konservasi lingkungan. Hampir semua bagian jalan, khususnya di perkotaan, menggunakan aspal dan paving block yang menghalangi air hujan sehingga tidak dapat diserap dengan baik oleh tanah.

Namun peristiwa tersebut dapat kita antisipasi dengan membuat sumur resapan atau biopori. Inovasi tersebut sebenarnya sudah lama dicetuskan. Tapi sayang, masih banyak dari masayarakat kita yang kurang memiliki kesadaraan terhadap konservasi air.

Sumur resapan merupakan salah satu teknik konservsi air yang berfungsi untuk menampung air lalu meresapkannya kedalam tanah. Sumur resapan ini saya rasa sangat efektif untuk daerah dengan permukaan tanah yang sulit menyerap air.

Saat hujan turun, sumur resapan akan menampun air sehingga air tidak akan menggenang dan mengakitbatkan banjir. Air yang tertampung nantinya akan meresap kedalam tanah sebagai cadangan air saat nanti tiba giliran musim kemarau.

Dengan semakin banyak dibuatnya sumur resapan atau biopori akan sangat efeketif untuk mengantisipsi banjir saat musim penghujan maupun kekeringan saat musim kemarau.


Oleh :
Nurbaiti Dwi Damayanti, Mahasiswi KPI UIN SDG Bandung
Jl. Pojok Selatan II RT 01 RW 12 no.26 Cimahi. 40524
081902076358 / nurbaitidwi@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia