x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Musim Penghujan Siapa Takut?

Oleh : Zahidah Sabila Rusyda

Saat ini Indonesia telah memasuki akhir tahun,yang dimana menandakan mulai munculnya musim penghujan. Berdasarkan penelitian dari  Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) musim penghujan akan mengahampiri Indonesia mulai dari bulan Oktober hingga bulan Februari 2020 nanti.

Untuk menyambut musim penghujan,hendaklah kita sebagai warga negara Indonesia mempersiapkan segalanya,agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika musim penghujan datang. Kita bisa memulainya dengan menyiapkan fisik kita. Mulai memperhatikan makanan dan  kebiasaan kita.

Untuk menyambut musim penghujan hendaklah kita menyiapkannya muai dari  fisik kita terlebih dahulu. Salah satunya memperbanyak meminum air hangat,memakan banyak makanan yang mengandung vitamin C dan tinggi serat.Supaya kita terhindar dari penyakit flu dan batuk yang biasanya menjangkit orang-orang di musim penghujan. Kemudian membersihkan lingkungan tempat tinggal kita.

Membersihkan tempat tinggal kita bisa dengan menguras bak atau sumber air,agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk betelur,kemudian membersihkan saluran dan tempat sanitasi dilingkungan tempat tinggal kita. Seperti selokan dan sungai,supaya nanti ketika musim penghujan datang kita terhindar dari yang namanya banjir.

Selain dari fisik dan lingkungan kita,hendaklah kita menyiapkan diri dengan menjaga kebiasaan kita. Untuk menyambut musim penghujan mulailah kita menyiapkan payung atau jas hujan,supaya tidak menghalangi kegiatan kita. Dan juga siapkan pakaian hangat,supaya tubuh kita tetap terjaga kehangatan nya dan tidak kedinginan. Kemudian yang terakhir adalah menutup  mulut anda jika bersin. Hal ini guna mencegah terjadinya penularan virus dan bakteri di sekitar anda,anda bisa menggunakan sapu tangan,masker atau tisu.

Jika hal-hal diatas kita lakukan, pastilah kita akan lebih siap untuk menyambut musim penghujan,dan juga kita mampu melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan.

Zahidah Sabila Rusyda
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Perumahan Victory Land Blok K No.4 Ujung Berung,Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia