x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Musim Hujan Tiba, Peka lah Terhadap Kebersihan

Setelah musim kemarau panjang di tahun ini, musim hujan adalah hal yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Mengingat kekeringan di sejumlah daerah yang merugikan sebagian masyarakat. Karena kekeringan yang terjadi, sungai di beberapa daerah pun ikut mengering sehingga sampah-sampah yang biasa masyarakat buang semakin banyak terlihat.
Membuang sampah ke sungai adalah hobi dari masyarakat yang sudah lama mereka tekuni. Tanpa memikirkan efek apa yang akan dirasakan di kemudian hari. Selain sumber penyakit , membuang sampah sembarangan sangat mengganggu keindahan dan kelestarian alam. Apalagi saat musim hujan tiba.
Perubahan cuaca kerap kali mengundang berbagai penyakit kian menyerbu. Ditambah lagi dengan kebersihan sekitar yang tak terhiraukan, menambah eksistensi bakteri semakin meradang. Genangan air di beberapa titik sangat jarang dianggap sebagai hal yang berbahaya. Masyarakat sibuk memperbaiki atap karena takut kebocoran, akan tetapi kebersihan tidak dihiraukan.
Genangan air disertai jentik-jentik nyamuk sangatlah berbahaya. Demam berdarah salah satu penyakit yang bermula dari genangan air tersehut. Lebih baik mencegah daripada mengobati,bukan? Untuk itu, hal yang tak kalah penting yang harus kita perhatikan saat musim hujan tiba adalah lebih peka terhadap kebersihan di sekitar kita. Salah satu upaya nya dengan mengadakan program Minggu bersih misalnya, dilakukan oleh semua masyarakat yang bergotong royong membersihkan sampah dan genangan-genangan air yang ada.
Demi kesehatan dan kebaikan bersama, maka mari lebih peka terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita.




Nada Prima Dewi, Mahasiswi KPI Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Kp. Cinangsi rt/rw 02/04 Desa Cipatat, Kec Cipatat, Kab Bandung Barat. (081326683915). nadaprimadewi20@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia