x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Musim Hujan Telah tiba, Waspadalah!!!

Setelah melewati musim pancaroba yang cukup panjang, kini saatnya memasuki musim penghujan yang akan turun terus-menerus hampir sepanjang hari. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan biasanya membuat kondisi tubuh sebagian orang lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Hal ini karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Apabila tidak mendapat perhatian dan penanganan yang serius, maka tubuh akan terjangkit penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh.

Ada beberapa penyakit yang rentan menyerang tubuh di saat musim penghujan, seperti flu, batuk, sesak napas, pilek, demam berdarah, penyakit kulit, dan lain sebagainya. Kondisi ini membuat aktivitas menjadi terganggu.

Sebelum penyakit-penyakit di musim penghujan menyerang, tak ada salahnya kamu melakukan tindakan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan tubuh karena di musim penghujan, kuman dan bakteri dapat dengan mudah berkembang biak secara leluasa akibat kelembapan yang sangat tinggi. Terlebih air hujan yang tidak selalu bersih dan kerap mengandung partikel-partikel polusi.

Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan tubuh lebih ekstra di musim penghujan ini. Pastikan seluruh bagian tubuh bersih maksimal.

Selain menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat dianjurkan guna mencegah munculnya penyakit saat musim penghujan. Pasalnya, saat musim hujan lingkungan bisa menjadi lebih kotor daripada musim kemarau.  

Hal ini dikarenakan tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan lingkungan termasuk tempat-tempat yang menjadi sarang bagi kuman dan bakteri berkembang biak.

Misalnya saja dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Lingkungan yang teduh, lembap, dan tempat yang kotor menjadi sasaran empuk bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak sehingga membuatnya mampu menyebarkan penyakit.

Sukmawati,Mahasiswi KPI IUN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia