x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Mulai dari diri kita sendiri

Perubahan musim, merupakan hal yang sudah rutin terjadi. Sebagai manusia, yang mana hidup di dunia yang memiliki musim-musim berbeda, harus pandai-pandai mengetahui kondisi musim dan mencari cara bagaimana untuk mengahadapi nya. Saat ini, indonesia sedang berada di masa peralihan musim. Yaitu dari musim panas ke musim penghujan.


Selanjutnya, apa yang mesti kita lakukan untuk menghadapi musim penghujan yang akan datang?. Caranya yakni dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Hal yang pertama mesti dipersiapkan adalah jagalah kondisi tubuh kita. Tubuh, merupakan hal yang akan melindungi kita dari ancaman cuaca luar, sebaiknya kondisi tubuh dijaga sebelum datangnya musim hujan. Menjaga kesehatan tubuh bisa dengan rajin berolahraga dan makan makanan sehat yang mengandung vitamin.

 
Cara yang kedua adalah persiapan peralatan yang bisa  melindungi kita dari hujan. Selalu sediakan peralatan seperti payung. Bawa kemana saja kita pergi agar kita setidaknya bisa mencegah tubuh kita terguyur langsung oleh air hujan.


Cara yang ketiga yaitu jangan buang sampah sembarangan. Telah kita ketahui, bahwasanya kebanyakan penyebab banjir adalah karena masalah sampah. Sampah yang menumpuk di sungai dan akhirnya tertimbun di dasaran sungai akan membuat sungai menjadi dangkal. Sudah seharusnya kita sadar akan hal itu. Sampah yang tersumbat di got-got akan meyebabkan tersendatnya Aliran air. Antisipasinya adalah buanglah sampah pada tempatnya dan bakar sampah tersebut.

Itulah hal-hal yang bisa kita persiapkan untuk menghadapi musim peralihan ke musim hujan ini. Mulailah dari kesadaran diri sendiri.

Syifa Avifah Zahra
Mahasiswi UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia