x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Menteri BUMN, Lakukan Upaya Pembarantasan Korupsi

                                        Oleh : Salma Dinda Regina
Korupsi adalah tindakan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Tindakan korupsi ini terjadi karena beberapa faktor faktor yang terjadi di kalangan masyarakat.
Faktor internal merupakan sebuah sifat yang berasal dari diri sendiri.
Pada zaman sekarang, ketika berbicara tentang korupsi sudah tidak asing lagi didengar apalagi kasus para petinggi pemerintahan yang melakukan tindakan korupsi.
Salah satu Lembaga yang sedang di soroti berbagai kalangan karena tindak korupsi adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kasus terbarunya yaitu penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton  yang diduga dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia.

Sebagai masyarakat tentu saja kita pasti menyoroti perilaku tidak patut pejabat BUMN itu,
tidak hanya menciderai prinsip good governance yang selama ini di dengung-dengungkan oleh para pejabat BUMN, hal itu bahkan bisa jadi menimbulkan persepsi masyarakat terhadap perilaku para pejabat itu menjadi negatif.

Erick Thohir, Menteri BUMN langsung mengambil tindakan cepat yaitu dengan mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia sudah selayaknya dilakukan.
Dengan tindakan tegas ini bisa menjadi ancaman atau peringatan bagi para pejabat BUMN lain yang mengabaikan governance yang baik.

Langkah cepat dan tegas ini memang penting sekali digunakan karena sangat membantu proses  penataan ulang BUMN agar bersih dari citra negatif tentang korupsi nya dan menata ulang seluruh aturan ataupun sistem yang ada agar menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.
Serta setiap pemerintahan harus menempatkan orang orang yang berintegritas tinggi .
Seiring berjalannya penataan ulang BUMN, banyak sekali yang menaruh harapan seperti para pebisnis. Mereka berharap agar upaya menyehatkan iklim usaha terjadi dengan cepat dan sesuai harapannya. Apabila hal tersebut dilakukan dengan  baik, pemerintah pastinya tak akan ragu lagi ketika menginjeksikan dana segar pada perusahaan yang membutuhkan hal itu dan jika sikap tegas dalam pemberantasan korupsi ini tetap dilaksanakan maka persepsi masyarakat bisa saja berubah menjadi hal positif untuk para pejabat yang ada di Indonesia terkhusus nya pada BUMN ini.

(Salma Dinda Regina, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia