x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Menjaga Toleransi Tanpa Ada Perbedaan

Toleransi adalah suatu sikap menghargai dan menerima suatu perbedaan, maupun itu suku, agama dan lainnya.  Sikap ini merupakan sikap yang harus dimiliki setiap orang, terlebih kita sebagai warga negara indonesia yang memiliki beragam suku, agama dan ras yang begitu banyak. Karena jika kita tidak memiliki sikap toleransi, maka bisa di pastikan itu akan menjadi penyebab kehancuran atau perceraian antar saudara sebangsa dan setanah air Indonesia.

Dan tentunya, dibalik sikap toleransi itu,  kita harus bisa melawan sikap intoleransi. Intoleransi adalah kebalikan dari sikap toleransi yaitu sikap yang tidak bisa menghargai atau membolehkan adanya perbedaan. Menurut saya, intoleransi bisa dilawan oleh peran generasi milenial dengan aktif mengampanyekan perdamaian untuk menjaga keberagaman di tanah air dan beranggapan bahwa keberagaman bukanlah sebuah perbedaan, dan tentunya harus ada campur tangan pemerintah untuk mendukung gerakan melawan intoleransi ini. Demi terciptanya negara yang damai, utuh dan saling menghargai.

Tak lupa, kita pun harus selalu menjaga toleransi dengan hal hal sederhana. Misalnya, tidak membeda bedakan, tidak saling mengejek suku, agama atau daerah yang berbeda dengan kita,  saling menghargai dan menjadikan perbedaan sebagai suatu hal yang lumrah.

Karena di zaman milenial ini, semua hal bisa kita ketahui atau bisa kita cari bahkan bisa kita kenal dalam sosial media. Namun beberapa orang yang memiliki sikap intoleransi ini menggunakan sosial media sebagai alat untuk memecah belah perdamaian dengan membuat opini - opini yang tidak berdasarkan dengan kenyataan. Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki beragam suku, agama, dan ras yang berbeda beda. Harus bersatu untuk melawan intoleransi ini. Karena sudah banyak aksi teror, saling mengejek atau bahkan perselisihan akibat intoleransi ini.

Oleh Samia Rahmawati
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia