x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Mengubah Ego Menjadi Cinta


Oleh : Ridha Nabillah

Istilah toleransi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan istilah ini sudah diajarkan sejak di bangku sekolah. Apalagi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat beragam, sehingga pemahaman yang baik tentang toleransi sangat diperlukan.

Toleransi sendiri merupakan suatu sikap membiarkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Di Indonesia sendiri banyak sekali ragam bentuk toleransi, dari mulai bahasa, budaya, suku/ras, bahkan agama sekalipun. Keberagaman tersebut membuat Indonesia menjadi penuh warna dan indah.

Sebagai salah seorang WNI,  kita harus saling menghargai dan mengerti apa yang orang lain lakukan. Kita tidak diperbolehkan untuk mengatur dan membatasi apa yang mereka kehendaki. Karena pada dasarnya setiap orang di dunia ini memiliki hak dan kewajiban.

Banyak sekali kasus di Indonesia yang menyangkut toleransi. Hal itu sangat menyedihkan. Janganlah salah seorang dari kalian menghalang-halangi seseorang karena itu amat tidak pantas dan kita pun tidak tau apa maksud dan tujuan orang lain melakukan itu. Jadi, jangan pernah merasa paling benar dalam bentuk dan hal apapun itu.

Mulailah berperilaku baik dan berfikiran positif kepada siapapun. Jangan sampai keegoisan diri kita menjadi salah satu penyebab terpecah belahnya negara Indonesia ini. Indah bukan jika setiap warga negara saling rukun dan saling menghargai apa yang orang lain lakukan tanpa menjudge sesuatu.

Ridha Nabillah, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia