x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Mengeruk Aliran Sungai Citarum Sebagai Antisipasi Musim Hujan di Bandung Selatan

Banjir di musim hujan meninggalkan beban berat bagi kota, kabupaten, dan beragam perangkat daya lingkungannya. Kala hujan turun, rasa takut dan cemas menghantui setiap warga di daerah Bandung Selatan-Kabupaten Bandung. Setiap tahun di musim hujan wilayah Bandung Selatan-Kabupaten Bandung selalu terendam banjir.

            Banjir juga menjadi cerminan perilaku manusia yang suka membuang sampah sembarangan. Banjir yang melanda Bandung Selatan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya, sedimentasi yang terjadi di Sungai Citarum, kerusakan di hulu Sungai Citarum, sampah dimana-mana, dan lainnya. Sehingga, ketika hujan turun dalam intensitas cukup tinggi, Sungai Citarum, Sungai Cisangkuy, dan anak sungai meluap dan airnya meluber merendam pemukiman.

            Ekosistem di hulu Sungai Citarum terjadi kerusakan. Perubahan fungsi lahan dari lahan hijau menjadi wilayah permukiman di sekitar Citarum tidak pernah berhenti dan izin industry di sepanjang sungai tersebut tidak pernah berhenti. Saat ini ada 166 pabrik yang membuang limbahan di Sungai Citarum. Dan penebangan pohon di hulu Citarum telah mengakibatkan lahan kritis dengan tingkat erosi 31,4 persen dari luas sungai. Sedimentasi sebanyak 7900 ton per hektar. Penyebab banjir sudah diketahui Bersama, kerusakan di hulu Sungai Citarum, sampah dimana-mana, perubahan fungsi lahan dari lahan hijau menjadi wilayah permukiman, pabrik yang membuang limbahannya di Sungai Citarum. Penyebabnya adalah faktor manusia.

            Pemerintah Kabupaten Bandung sudah menyediakan alat berat untuk mengeruk tanah sedimentasi di Sungai Citarum, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Pengerukan tersebut merupakan program Citarum Harum yang bertujuan untuk mengantisipasi debit air saat hujan sekaligus upaya pencegahan banjir di musim hujan serta imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.


Muhammad Rifki Irawan

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia