x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Mengaplikasikan Sedia Payung Sebelum Hujan

'Dakwaspos.com, - Bandung - Musim hujan sudah melanda beberapa wilayah di Indonesia dari bulan September lalu. Seperti beberapa wilayah di Sumatera, sebagian wilayah di Kalimantan dan Sulawesi. Menyusul pula, wilayah jawa pada awal November ini. Musim hujan di berbagai wilayah ini seolah sudah menjadi agenda pancaroba musiman bagi Indonesia yang merupakan Negara tropis. Sebagai warga Negara, tentunya kita harus memiliki antisipasi yang kuat untuk menyongsong musim hujan ini, agar seburuk apapun efek samping yang timbul darinya mampu untuk kita atasi.

Pertama, sebagai bentuk antisipasi kita bisa melakukan kerjasama antar warga untuk membersihkan aliran air atau saluran air hujan agar tidak tersumbat oleh tumpukan-tumpukan sampah. Sehingga saat hujan datang, potensi adanya banjir dapat terminimalisir. Kedua, kita juga bisa bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membersihkan lingkungan sekitar kita agar bersih dari sampah. Ini menjadi sangat penting sekali, karena sampah memang menjadi sumber masalah utama terjadinya banjir ketika musim hujan melanda.
Ketiga, penting untuk dilakukan penghimbauan bagi warga yang tinggal disekitar daerah pegunungan, lembah, atau daerah yang bertofografi tajam dan curam untuk selalu waspada ketika terjadi musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Karena kerap kali, saat hujan melanda dengan intensitas cukup tinggi, air hujan akan mengalir dan terserap ke dalam tanah, jika bobot air dalam tanah menjadi berlebih karenanya, tanah akan menjadi licin dan melapuk, dan sangat rentan untuk terjadi longsor. 

Keempat, siapkan pertahanan tubuh yang paling baik. Menjaga kesehatan saat musim hujan akan tiba adalah pilihan cerdas. Ini karena kerap kali saat musim hujan melanda, tubuh membutuhkan proses penyesuaian maupun adaptasi dengan lingkungan. Jika pertahanan atau daya tahan tubuh buruk akan berakibat mudahnya terserang penyakit dan merasakan sakit. Seperti malaria, demam berdararah, penyakit flu (Influenza) dan lainnya. Jadi memang penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh disaat musim hujan di depan mata. Dengan keempat antisipasi tersebut, semoga warga Negara mampu untuk menyediakan payung sebelum hujan. Atau selalu membawa payung ketika musim hujan sudah di depan mata. Semoga efek samping yang buruk seperti banjir, longsor dan serangan penyakit tidak terjadi.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia