x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Mengapa Radikalisme

Sebenarnya apa itu sikap radikal? Dalam berbagai kamus, radikal adalah kata sifat yang berarti aksi mencolok untuk menyerukan paham ekstrem agar diikuti oleh banyak orang. Sementara radikalisme adalah ideologi yang memercayai perubahan menyeluruh hanya bisa dilakukan dengan cara radikal, bukan dengan cara evolusioner dan damai. Pengertian Radikalisme adalah suatu ideologi (ide atau gagasan) dan paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ ekstrim.


Radikalisme sering dikaitkan dengan terorisme karena kelompok radikal dapat melakukan cara apapun agar keinginannya tercapai, termasuk meneror pihak yang tidak sepaham dengan mereka. Walaupun banyak yang mengaitkan radikalisme dengan Agama tertentu, pada dasarnya radikalisme adalah masalah politik dan bukan ajaran Agama.


Namun akhirnya radikalime ini disalah artikan dalam pandangan masyarakat umum. Radikalisme cenderung dinilai sebagai hal yang negatif dan berbahaya. Ideologi ini menimbulkan rasa takut bahkan trauma terhadapnya.

Diantara ciri yang sering dikaitkan dengan radikal adalah terorisme yang meresahkan dengan berbagai macam aksi nekat. Namun benarkah kaitan antara keduanya benar? Ataukah ada faktor lain yang menjadi dasar dari tindakan radikalisme.(Nabilla Fitri S/KPI 3C)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia