x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Mencegah Radikalisme Dikalangan Pelajar


Oleh: Naufal Muhammad Fayyadh

Radikalisme adalah suatu paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan cara yang keras dan ekstrim. Gerakan radikalisme di Indonesia makin hari makin mengkhawatirkan karena mulai masuk ke area sekolah dan Universitas atau lingkungan Pendidikan. Hal ini memberikan perhatian khusus pada gerakan radikalisme yang bisa mengancam masa depan anak bangsa dan negara.

Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), tingginya angka radikalisme di lingkungan pendidikan, terutama di kampus-kampus Indonesia berasal dari jenjang pendidikan di bawahnya. BNPT juga menilai bahwa radikalisme dan terorisme sangat berbahaya. Paham tersebut bahkan bisa menghancurkan suatu negara seperti halnya yang terjadi di Irak dan Suriah.

Sangat berbahaya jika radikalisme sudah masuk dalam dunia pendidikan, yang dampak besarnya akan merusak moral bangsa dan negara. Oleh karena itu, harus adanya edukasi kepada pelajar yang harus menerapkan nilai-nilai Pancasila, apabila menerapkan nilai-nilai pancasila sejak dini, anak-anak akan memiliki tameng untuk mencegah mereka terpapar radikalisme.


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia