x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Sebagian masyarakat yang ada di Indonesia sudah mulai rindu akan turunnya hujan, kemarau panjang yang membuat kebun sawah menjadi kering pun perlahan-lahan mulai menghijaukan kembali. Seringkali muncul di pemberitaan perihal kebakaran hutan yang terjadi akhir-akhir ini, seolah tak ada habisnya kebakaran terjadi di hutan-hutan yang bisa dikatakan sangat rindang, sehingga menimbulkan asap dimana-mana.

Dengan datangnya musim huan ini seolah mengobati kegelisahan yang ada. Akan tetapi dalam permasalahan ini kita tidak boleh selalu menyalahkan alam, mungkin alam lah yang sudah bosan bersahabat dengan kita, karena kelakuan kita yang terus merusak ekosistem alam. Semua permasalah itu pasti ada hikmahnya. Dalam kemarau panjang ini juga pasti terdapat hikmah juga.

            Akan tetapi, bukan tanpa resiko pula. Musim hujan seperti inipun jika ntensitasnya terus menerus bukan tak mungkin bencana juga akan datang menimpa. Tentunya kita tak ingin bencana terjadi. Jika kita tidak cepat melakukan pencegahan, kita jua yang akan kewalahan menghadapi segala resiko atas curah hujan yang tinggi itu.

Memasuki musim penghujan, masyarakat dihimbau untuk memperhatikan saluran irigasi baik parit, bak atau aliran sungai agar terhindar dari segala bencana. Mungkin saja jika saluran irigasinya tidak baik akan menyebabkan tersumbatnya air sehingga menimbulkan banjir.

 Hal yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan mengadakan kegiatan kerja bakti guna menyambut musim hujan. Masyarakat bisa melakukan pembersihan saluran air, membakar sampah plastik, dan membuang sampah yang dapat menampung air, karena genangan air merupakan sarang bagi nyamuk dan jentik.

Jika saluran air sudah dibersihkan, setidaknya kita dapat meminimalisir terjadinya banjir dan penyakit menular. Masyarakat diharapkan pula tidak membuang sampah sembarangan yang akan berakibat tersumbatnya saluran air. Pihak berwenang setempat hendaknya melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran kepada masyarakat perihal membuang sampah pada tempatnya.

Teruntuk masyarakat yang berada di wilayah sekitar gunung, lembah, atau daerah dengan topografi curam yang sudah lama kekeringan agar selalu mewaspadai akan potensi longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi. Masyarakat wilayah ini diharapkan selalu sigap ketika hujan tiba-tiba menghampiri mereka.

Kondisi tubuh pula hendaknya selalu dijaga ketika menghadapi musim hujan, masyarakat juga dihimbau untuk senantiasa berolahraga dan memakan makanan bergizi. Hal tersebut berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, karena setiap manusia memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Jika daya tahan tubuh prima, maka penyakit seperti demam, flu, dan yang lainnya akan sulit menghampiri tubuh kita.

 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia