x
BREAKING NEWS

Sabtu, 14 Desember 2019

Menambah panjang deretan kasus korupsi di Indonesia

Korupsi suatu tindakan menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.


Baru-baru ini Komisi pemberantasan korupsi (KPK) kembali menemukan pelaku korupsi yang menyeret Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI Darman Mappangara.


Kemudian Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Risyanto Suanda yang juga ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus suap impor ikan 2018.  Sederet kasus hukum yang dihadapi oleh direksi BUMN ini seakan memperlihatkan tata kelola perusahaan yang belum membaik dari tahun ke tahun.


Para pejabat seakan tak pernah jera dengan masalah korupsi ini, kasus korupsi terus terjadi dari tahun ke tahun. Praktik korupsi terus merajalela di mana-mana, ini menandakan bahwa sistem perekonomian indonesia masih rusak.


Pengambilan keutungan untuk diri sendiri maupun untuk kepentingan perusahaan terbuka secara jelas. Sehingga, kasus korupsi khusus nya di BUMN tidak ada hentinya. Korupsi dilakukan selain untuk memperkaya diri sendiri juga untuk pelancar proyek perusahaan, Terkadang direksi juga terpaksa memberikan suap sehingga kena kasus korupsi agar proyek bisa mudah dijalankan atau dapat proyek.


Untuk itu sulit sekali rasanya melihat pejabat yang bekerja benar-benar bersih dari suap ataupun korupsi.  Untuk itu Kementerian BUMN juga harus melakukan seleksi yang ketat untuk calon direksi, potensi calon direksi bermasalah sebaiknya dihindari serta memperketat pengawasannya terhadap BUMN.


Neng Devi Azizah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia