x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Membangun Atlet-atlet yang Akan Mengharumkan Nama Bangsa

Oleh : Rafli Husein Amarullah

Sea Games merupakan ajang olahraga yang diadakan setiap 2 tahun sekali dan melibatkan 11 negara Asean. Diantaranya, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Filipina, Timor Leste. Dan pada tahun ini, tahun 2019 Sea Games tengah diselenggarakan di Filipina.

Sea Games juga merupakan ajang bagi setiap atlet dan Negara-negara yang mengikutinya untuk menunjukkan kemampuan dan keahlian mereka di bidang Olahraga. Serta ajang untuk meraih sebanyak-banyaknya prestasi.

Indonesia yang juga merupakan peserta dari pesta olahraga se Asia Tenggara ini tentunya ingin sekali para atletnya mampu bersaing dan meraih mendali di Sea Games 2019 Filipina. Maka daripada itu, dalam rangka menghasilkan atlet-atlet yang tangguh dan berprestasi ini hendaknya dari pihak pemerintah diadakannya sebuab pelatihan yang intensif, berkelanjutan, serta adanya penanaman rasa dan jiwa Nasionalisme yang tinggi kepada setiap atlet selama pelatihan.

Pentingnya pelatihan kepada para atlet yang intensif dan berkelanjutan ini karena dalam membentuk sebuah atlet yang tangguh tidak mungkin akan langsung jadi dengan cepat. Dibutuhkannya pelatihan sejak dini dalam membangun karakter dan ketangguhan para calon atlet-atlet ini oleh Pemerintah. Namun, jikalau Pemerintah sendiri tidak menyanggupi hal ini. Maka Pemerintah dapat bekerja sama dan berkolabosari dengan pihak swasta dan swadaya masayarakat dalam melaksanakan pelatihan yang berkelanjutan ini.

Efeknya tidak hanya pada ajang Sea Games yang berada di depan mata saja. Namun, atlet yang sudah terbantuk karakter dan ketangguhannya ini akan mampu dan siap untuk menghadapi ajang-ajang kejuaraan lainnya di masa yang akan datang. Bahkan hingga ke Asian Games juga Olimpiade. Sehingga para atlet-atlet ini akan mampu menghasilkan sebuah prestasi yang akan menjadi kebangggaan diri dan keluarga serta menjadi kebanggaan dan mengharumkan Bangsa dan Negara Indonesia.

Dan Teruntuk Atlet yang sedang berjuang maupun sedang berlatih untuk kompetisi berikutnya. Ingatlah akan pepatah Arab yang satu ini, "Man Jadda WaJada" yang artinya (Siapa yang bersungguh-sunggu pasti akan berhasil). Jika kamu belum berhasil meraih prestasi saat ini, jangan lah berkecil hati. Tetaplah semangat, terus berlatih, dan terus berjuang.

Iangatlah meskipun kamu belum berhasil saat ini, tapi ingatlah dan yakinilah bahwa Tuhan YME sudah menyiapkan dan akan memberikan yang terbaik untuk mu di waktu yang tepat di masa yang akan datang.


Rafli Husein Amarullah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 


(Tulisan ini pernah dimuat di MediaIndonesia.com pada tanggal 10 Desember 2019)  


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia