x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Memasuki Musim Hujan Cek Kondisi Rumah dan Sekitar

Musim hujan menjadi suatu penantian yang panjang. Bagaimana tidak musim kemarau yang terjadi di tahun ini dikatakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi musim kemarau yang lebih kering dari pada tahun lalu. Namun setelah mengakhiri musim kemarau dan beralih pada musim hujan banyak hal yang luput dari perhatian kita. salah satunya saja kondisi rumah dan sekitarnya.

Musim kemarau yang panjang dan terik pastinya mengakibatkan banyak debu-debu yang menempel pada rumah, tak lupa juga pada talang air rumah. Tempatnya yang sulit untuk dijangkau mengakibatkan kita kurang menaruh perhatian dan menyebabkan banyak debu-debu atau bahkan benda lain yang mungkin berada di talang air tersebut. Berbeda ketika musim kemarau, talang air mungkin tidak perlu dikhawatirkan karna tidak akan memberi dampak negatif pada rumah kita. namun saat memasuki musim hujan, maka kondisi talang air harus lah menjadi perhatian kita. karena mungkin saja banyak debu yang menumpuk, atau adanya benda lain yang menyangkut di talang air akan menghambat aliran air hujan dan mengakibatkan kebocoran atau rembesan pada rumah kita.

Selain talang air, pastinya genting rumah juga harus menjadi perhatian kita selanjutnya. Karena genting ini lah yang melindungi kita dari guyuran hujan. Maka ketika memasuki musim hujan kita harus mengecek kondisi dan posisi genting. Ditakutkan posisi dan kondisi genting bergeser atau ada kerusakan yang mungkin saja mengakibatkan air hujan masuk melalui celah-celh yang ada dan merempes pada atap rumah sehingga menimbulkan kebocoran.

Setelah talang air, dan genting, maka yang harus kita perhatikan selanjutnya adalah listrik. Saat hujan pastinya akan disertai dengan angin dan petir. Maka penggunaan barang-barang elektronik harus diperhatikan dalam penggunaannya. Jika hujan deras diseratai petir yang menyambar maka upayakan untuk mematikan dan mencabut barang-barang elektronik tersebut agar tidak terjadi kebakaran akibat sambaran petir. Selain barang elektronik hal yang harus diperhatikan adalah kabel-kabel listrik yang berda di tembok rumah. Ditakutkan adanya kerusakan, maka harus segera diperbaiki. Jika tidak segera diperbaiki maka akan dapat mengakibatkan korsleting listrik apabila ada air hujan yang merembes di tembok-tembok rumah.

Setelah kondisi rumah dirasa aman, maka tahap selanjutnya adalah memeriksa kondisi sekitar. Perhatikan selokan yang ada, apakah ada tumpukan sampah-sampah yang sekiranya dapat menghambat aliran air hujan dan terjadi penumpukan yang mungkin akan menyebabkan tersendatnya aliran hujan bahkan dapat menimbulkan banjir.

Lalu bersihkan lingkungan sekitar yang sekiranya dapat menjadi tempat perkembang biakan nyamuk. Karena di musim hujan ini perkembangan nyamuk akan semakin pesat, dan biasanya akan banyak orang yang mengidap penyakit DBD dikarenakan tidak menjaga lingkungan terutama di musim hujan. Periksa tempat atau wadah yang terdapat genangan air setelah hujan. Buang genangan-genangan tersebut agar tidak menjadi sarang tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia