x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Memahami Mitigasi Bencana

oleh: Sri Sulistina

Sedia payung sebelum hujan, pepatah yang tidak asing lagi ditelinga semua orang dan harus direalisasikan dalam waktu dekat ini. sebagaimana Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa musim hujan akan mengguyur sebagian wilayah di Indonesia  pada pekan awal November dan puncaknya terjadi pada bulan Januari dan Februari. Dengan intensitas curah hujan yang tinggi disertai petir, angin kencang bahkan akan terjadi hujan es disebagian wilayah.
 
Datangnya musim hujan menjadi salah satu nikmat atas bencana kebakaran hutan dan lahan, serta kekeringan ekstrem yang terjadi beberapa bulan lalu. Namun mengingat bahwa Indonesia adalah negara yang rawan akan terjadinya bencana alam, sebagaimana terbukti pada beberapa bulan di awal tahun 2019 Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPN) mencacat sebanyak 1.586 bencana terjadi. Masyarakat dirasa perlu untuk tetap waspada akan terjadinya bencana, beberapa hal yang harus dilakukan sebagai antisipasi menyambut musim hujan.

Pertama, menjaga kesehatan adalah hal yang penting karena perubahan cuaca menjadikan bibit penyakit mewabah dan dengan mudah menyerang kekebalan tubuh yang rentan. Sehingga pola hidup sehat sangat dibutuhkan agar stamina tetap terjaga, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur.

Kedua, mengecek atap rumah untuk mencegah kebocoran. Ketiga, peduli dengan  kondisi lingkungan sekitar. Disebagian daerah terkadang gotong royong menjadi salah satu tradisi saat musim hujan akan tiba, masyarakat berkumpul bahu membahu untuk menyingkirkan segala bentuk penyumbatan yang menghalangi aliran air. Mulai dari membersihkan selokan dari sampah-sampah, merapihkan dahan atau ranting pohon yang bersentuhan dengan kabel listrik PLN karena dapat merusak kabel, tidak jarang kabel terkelupas ditakutkan pohon menjadi teraliri oleh listrik. Putuskan aliran listrik pada alat-alat elektronik yang sekiranya tidak digunakan sebagai antisipasi terjadinya loncatan listrik, jika diperlukan memasang penangkal petir.

Keempat, mengamankan dokumen-dokumen penting seperti Akte kelahiran, KK, Ijazah dan surat-surat penting lainnya. Selanjutnya dalam menghadapai musim penghujan sebaiknya untuk para aktivis harus menyediakan payung, jas hujan atau jaket agar aktivitasnya tetap berjalan meski dihadang hujan. Lindungi barang bawaan seperti buku, laptop dan barang berharga lainnya dengan rainproof bag cover agar aman dari guyuran air hujan.

KPI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
Bojonegara, Kota Cilegon Serang Banten
089603375751

Tulisan pernah dimuat di Media Indonesia tanggal 5 Desember 2019

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia