x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Oleh : Salma Dinda Regina
Musim hujan mulai melanda sebagian kecil wilayah Indonesia pada awal November  dan pada akhir November ini berdasarkan kajian Badan Meteorologi,
Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim hujan akan melanda berbagai wilayah yang ada di Indonesia.
Meski berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya musim hujan terjadi di akhir oktober pada tahun ini musim hujan terjadi pada kisaran awal November.
 
Datangnya musim hujan menyebabkan perubahan pada suhu lingkungan. Tidak hanya pada manusia, perubahan suhu juga berdampak pada kehidupan mikroba yang tersebar di lingkungan sekitar.
maka dari itu  perlu lah kita mempersiapkan segala sesuatunya terlebih lagi musim kemarau pada tahun ini cukup Panjang,
peralihan dari musim kemarau inilah yang disebut pancaroba.
Terdapat beberapa penyakit yang patut diwaspadai saat musim hujan. Faktor kebersihan menjadi jurus utama dalam pencegahan infeksi kuman penyebab penyakit tersebut,
serta pola hidup yang sehat akan membantu kita dalam mencegah penyakit penyakit pada musim hujan.
 
Penyakit yang biasanya menyerang ketika musim hujan datang adalah ; pertama, diare yang mana Penyakit yang ditandai buang air besar cair
berkali-kali ini disebabkan sekelompok bakteri, Bakteri ini menginfeksi saluran usus sehingga menyebabkan tinja cair dan berlendir. Bila mengalami diare,
Anda disarankan segera ke dokter dan banyak mengonsumsi cairan. Kedua, tifus yaitu penyakit yang ditandai demam hingga 39-40 derajat celsius.
Penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella typhi yang masuk ke saluran cerna melalui mulut, esofagus, lambung, usus kecil, dan usus besar Penderita demam tifus
sebaiknya segera menjalani pengobatan dan menjalani bed rest. Istirahat selama 7-14 hari membantu tubuh lekas pulih.Ketiga, Leptospirosis penyakit ini menyebabkan kulit penderita kekuningan dan mukosa mengering.

Pada beberapa kasus, penyakit ini disertai diare atau konstipasi Untuk mengarasi serangan ini, penderita bisa menggunakan obat kulit hingga antibiotik.
Keempat, Penyakit kulit ujan dan banjir rentan membawa beberapa bakteri yang menyerang kulit. Serangan bakteri menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh.
Penyakit kulit juga bisa disebabkan jamur akibat suhu yang lembab. Untuk mengarasi serangan ini, penderita bisa menggunakan obat kulit hingga antibiotik.
Dan yang kelima adalah Demam Berdarah, berbeda dengan penyakit sebelumnya yang dipaparkan demam berdarah disebabkan virus dengue yang terdiri atas empat strain. Untuk mengatasi serangan virus dengue, penderita DB harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi asupan bergizi. Virus dengue diketahui dibawa nyamuk Aedes aegypti yang berkembang biak di air jernih tergenang. Air jernih tergenang banyak ditemukan saat musim hujan tiba.

Maka dari itu betapa pentingnya kita menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan serta mencegah atau waspada terhadap suatu penyakit sebelum menyerang kepada diri kita.

(Salma Dinda Regina, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung)
Tulisan Pernah Di Muat di Media Indonesia tanggal 02 Desember 2019 Dengan beberapa perubahan.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia