x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Kurangnya kepedulian warga sekitar terhadap masjid
Keberadaan masjid dan musholla yang sangat banyak membuat kepengurusnnya menjadi tidak efektif. Terlihat dari kondisi masjid dan musholla yang belum terawat secara maksimal, baik dari segi fasilitas maupun segi kepengurusan masjid. Masjid sebagai institusi dakwah memiliki potensi dan fungsi yang sangat penting untuk senantiasa menebarkan dan mempertahankan kebaikan, kedamaian, dan kebenaran dalam kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Untuk menuju hal tersebut, maka potensi dan fungsi masjid harus diposisikan dalam fungsi yang sebenarnya sebagaimana yang pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Masjid dan musholla adalah institusi yang paling strategis dan paling dekat dengan masyarakat dan langsung berhadapan dengan umat. Masjid dan musholla juga yang digagas dan didirikan sendiri oleh umat.
Jelas sekali potensi yang dimiliki masjid dan musholla beserta jama'ahnya sangat besar namun belum semua pengurus takmir masjid menyadarinya atau sudah menyadari namun tidak kuasa dan tidak memahami bagaimana memulainya.
Kenyataan yang ada saat ini masih banyakmasjid yang tidak punya kepedulian terhadap kebutuhan jamaahnya. Seperti salah satu masjid yang terletak di kecematan pasir biru. Setiap hari selepas maghrib saya merutinkan kegiatan mengajar mengaji pada masjid tersebut. Sering kali terlihat bahwa sedikitnya jamaah yang ikut serta dalam ibadah solat. Hal ini mencerminkan bahwa sedikit sekali warga yang peduli terhadap masjid. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia