x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Kupas Tuntas Tindak-tanduk Korupsi

Oleh : Rantika Anggraeni 


Korupsi sepertinya sudah menjadi kata yang umum terdengar di Indonesia. Sudah banyak sekali kasus yang menyebutkan kerugiannya hingga mencapai milliaran-bahkan triliunan rupiah. Umunya kasus-kasus korupsi besar-besaran ini berada pada ranah pejabat dan petinggi negara. 

Akhir akhir ini, kementrian BUMN sedang disibukkan dengan beberapa kasus mengenai direksi BUMN yang terjerat kasus korupsi. Hal ini menggambarkan bahwa sistem pengelolaan perusahaan BUMN yang dapat dikatakan masih belum membaik dari waktu ke waktu. Seorang pejabat perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah seakan tak ada habisnya terseret dalam permasalahan hukum.

Apakah karena sikap internal seperti rasa haus akan materi, tindak politisasi, dan upaya perilaku yang tidak bermoral dari individu yang menyebabkan tindakan  tersebut terjadi, atau banyaknya kesempatan besar bagi para calon koruptor untuk dapat melancarkan aksinya ?, dan apakah penanggulangan masalah tindakan korupsi yang dinilai masih belum mampu memberikan efek jera?

Mungkin dari setiap kasus beragam faktor yang menjadi penyebab dari tindakan tersebut. Namun ada suatu hal yang dilakukan oleh Menteri yang memimpin BUMN pada beberapa waktu menjabat ini yang dapat di apresiasi oleh publik, diantaranya melakukan gebrakan-gerbrakan untuk merombak pejabat di kementrian yang di pimpinnya. serta usaha-usaha lain yang terus diupayakan dalam berproses menuju ke arah lebih baik dari perkembangan kasus ini.

Pembaharuan sistem-sistem pada segala aspek di Indonesia harus terus digulirkan demi terciptanya negara Indonesia yang adil, makmur, sejahtera. Terutama dengan dimulainya segala pembaharuan yang bersifat kemanusiaan dari pribadi terkecil setiap individu di dalamnya. Guna menutup celah sekecil apapun kesempatan yang datang silih berganti dalam sebuah kasus yang sangat fenomenal, "korupsi".


Rantika  Anggraeni , Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia