x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Kreatif Mengolah Barang Bekas

Saat ini, keberadaan sampah hampir memenuhi setiap sudut kota maupun kampung, hal ini terjadi karena meningkatnya nilai konsumsi dan produksi di kalangan masyarakat. Mulai dari sampah organik sampai non-organik, keduanya akrab ditemukan dimanapun.


Dengan keberadaannya yang semakin membludak ini, sampah mampu menimbulkan kegelisahan di beberapa pikiran manusia, karena tidak bisa dipungkiri lagi, keberadaan sampah akan mengganggu nilai estetika suatu tempat. Untuk itu, perlu adanya suatu inisiatip yang mampu memperbaikin keberadaan sampah yang ada dimana-mana menjadi lebih bermanfaat lagi.


Salahsatu inisiatip yang cocok dipraktekan adalah metode memilah dan memilih, antara sampah organik dan non-organik, sampah organik meliputi sampah-sampah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme alam, sedangkan non-organik, meskipun dapat diuraikan, namun ia memerlukan waktu yang lumayan lama untuk mewujudkannya. Untuk itu, pengolahan sampah non-organik sangatlah perlu.


Sampah non-organik dapat berupa kertas, botol, plastik, kardus, besi dll. Benda-benda ini jika dilihat oleh orang yang memiliki daya pikir kreatif, akan memiliki nilai yang luar biasa, salah satunya adalah pemanfaatan kardus yang menjadi kerajinan-kerajinan anak-anak, botol plastik pun bisa menjadi lahan bisnis yang mumpuni, plastik bekas kopi pun bisa menjadi tas dan karpet jika kita mampu.


Untuk itu, untuk menghadapi dunia yang kian penuh oleh sampah, kita perlu mengaktifkan daya pikir kreatif, karena dengannya lah, permasalahan-permasalahan dapat sedikit demi sedikit teratasi.



by Oktavia Rahmawati

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia