x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 Desember 2019

Korupsi Degradasi Moral

Oleh: Ismi Suryana Putri

Korupsi semakin melebar dan membudaya sehingga sangat sulit untuk diberantas. Korupsi sudah menjadi wabah penyakit dan akhir ini banyak berita yang menginformasikan mengenai kasus korupsi. Tindakan korupsi sudah menyebar, mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka untuk mengambil keuntungan mereka sendiri, padahal tindakan mereka itu banyak sekali merugikan banyak pihak. Hal ini disebabkan oleh perilaku seseorang yang tidak memiliki sikap moral sehingga mereka merasa tidak bersalah jika melakukan tindakan yang tercela seperti tindakan korupsi.

Mereka banyak mengambil hak yang bukan seharusnya milik mereka, mungkin juga karena ketidak tegasan hukum dalam menangani kasus-kasus korupsi juga yang menyebabkan korupsi semakin luas. Para korupsi tersebut, jelas memiliki pendidikan yang tinggi tetapi tetap saja mereka tidak mempunyai akhlak yang baik. Sesuatu yang bukan hak mereka, mereka ambil secara sembunyi-sembunyi hanya untuk kebahagiaan mereka sendiri. Hal itu sudah jelas bahwa perbuatan mereka bertentangan dengan nilai dan moral.

Penekanan terhadap suatu moralitas dan pemberlakuan ketetapan hukuman yang berat terhadap para koruptor itu memang sudah cukup baik, tetapi itu semua belum cukup, karena jika hanya dengan pemberlakuan yang berat orang hanya berpikir untuk takut menjadi koruptor. Seseorang  takut menjadi korupsi hanya karena takut hukuman mati saja, padahal yang seharusnya muncul adalah kesadaran untuk menghindarinya, karena korupsi itu tindakan yang buruk.

Realitasnya indonesia ini tidak kurang dari orang- orang cerdas, hanya minim orang-orang jujur. Jika para pejabat negara mempunyai pedoman agama yang baik, pasti dia tidak mau melaksanakan korupsi. Dia pasti lebih memikirkan nasib rakyat yang diwakilinya, semua itu tergantung pada moral, akhlak, budi pekerti masing-masing orang. Jika orang tersebut mempunyai moral yang baik, pasti tidak akan mau melakukan korupsi yang merugikan orang lain.

 

ISMI SURYANA PUTRI

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati,

Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia