x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Korupsi Bukan Bagian Dari Cita-cita NKRI

Oleh : Muhammad Ikhsan Rizki Ramadhan

Saat ini korupsi seolah-olah telah terlihat menjadi wajah asli dari karakter para pengelola bangsa dan negara ini, mereka ibarat penyakit kronis yang senantiasa menggerogoti setiap persendian dan syaraf dari bangsa ini. Mereka bertingkah laku seolah-olah tidak peduli dengan nasib bangsa ini kedepannya dan mereka seolah hanya memanfaatkan kekayaan yang dimiliki negara ini sebagai pemuas kebutuhan nafsu mereka saja, tidak ada sedikit pun rasa penyesalan ataupun merasa bersalah yang nampak dari wajah pelaku perampas uang rakyat itu. Ini merupakan sebuah kemunduran yang sangat jauh dari cita-cita luhur yang dijunjung tinggi oleh para pendiri dahulu, dimana keadilan merupakan hak seluruh rakyat Indonesia dan kedaulatan merupakan harga mati bagi berdirinya suatu bangsa.

Namun tidak dengan NKRI saat ini, setelah terungkapnya kasus korupsi di kalangan pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibeberapa minggu terakhir ini menyebabkan berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan uang negara para pejabat BUMN. Hal ini tidaklah salah, karena mengingat terungkapnya kasus korupsi disalah satu lembaga negara ini memang sesuatu yang tidak biasa dan terbilang kasus besar terlebih lagi kasus ini sampaikan melibatkan para pejabatnya yang dengan ini menandakan bahwa kasus korupsi ini merupakan kasus level kakap. Sungguh memprihatinkan memang ketika kita mendengar kabar tentang ini, seolah-olah cita-cita luhur yang dijunjung tinggi oleh para pendiri dahulu perlahan mulai sirna hanya karena keserakahan sekelompok orang saja. Namun hal ini belum terlambat, belum terlambat untuk menyelamatkan BUMN dan Negara dari jurang kebangkrutan karena kasus korupsi ini, kita masih memiliki sistem dan lembaga yang mampu membantu kita menumpas kasus korupsi dari bumi pertiwi ini. Dengan didukung para pejabat yang bersih dan juga jujur, kita yakin BUMN dan bangsa ini bisa bangkit dan terlepas dari korupsi, asalkan ada komitmen bersama untuk memerangi tindak tanduk korupsi ini sedari mulai hal yang terkecil dan hingga ke akar-akarnya.

Alangkah lebih baiknya juga jika pemerintah ikut andil dengan serius memberantas kasus korupsi ini dengan memperkuat kelembagaan pemberantas korupsi dan bukan malah bermaksud melemahkannya, sehingga apabila pemerintah terkhusus Presiden ikut andil dan tegas dalam penangan kasus korupsi ini, niscaya dapat diyakini bahwa nantinya tidak menutupi kemungkinan bahwa Indonesia akan terbebas dari korupsi. Namun itu semuanya tentu tidak mungkin bisa dituntaskan dalam jangka waktu yang singkat, tentu ada prosedur yang bertahap untuk menuju kepada BUMN dan Indonesia terbebas dari Korupsi yaitu dengan bersama-sama memulainya dari masing-masing pribadi masyarakat indonesia itu sendiri untuk terbebas dari korupsi.


Muhammad Ikhsan Rizki Ramadahan, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia