x
BREAKING NEWS

Minggu, 15 Desember 2019

Konsultasi Dalam Jaringan

Nurlaela Romdoniah

Konsultasi Dalam Jaringan

Tak semua orang dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya baik itu masalah fisik maupun mental. Baik itu kepada teman, keluarga, bahkan kedua orang tuanya. Seseorang cenderung diam dan murung sebagai ekspresinya. Padahal itu tidak baik dari segi kesehatan.

Seseorang cenderung malu atau malas untuk menceritakannya kepada oranglain karena berbagai faktor, diantaranya mungkin oranglain tidak merespond nya dengan baik dan pandangan masyarakat mengenai psikologi masih negatif.

Melihat fenomena ini, Mikael Reno Prasasto bersama tujuh kawannya dari Program Studi Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mulai membangun Pijar Psikologi pada 2015. Reno menjelaskan didirikannya situs penyedia artikel kesehatan psikologi dan layanan konseling gratis secara daring itu.

Menurutnya ide tersebut dilandasi keinginan untuk menyebarkan pengetahuan mengenai kesehatan jiwa. Ia berupaya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat umum.

"Dengan adanya pengetahuan, maka orang akan dengan mudah menyadari. Dengan timbulnya kesadaran, maka stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi. Memahami manusia, understanding human, itu intinya," kata pria 24 tahun itu.

Sekarang ini jika kita sedang kebingungan untuk berkonsultasi namun malas atau malu untuk bertatap muka dengan orang, tidak perlu lagi kebingungan karena kita bisa berkonsultasi melalui jaringan. Kita bisa menghubungi psikiater dengan layanan yang gratis.

Dengan maraknya ilmu pengetahuan dan teknologi sangat memudahkan kita untuk lebih mudah menjalani kehidupan ini. Tapi jangan lupa semua ada positif dan negatifnya. Kita ambil yang positif nya dan jauhi yang negatif.

Nurlaela Romdoniah, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia