x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Komentar Mengenai Wacana Presiden Tiga Periode

Oleh : Rantika Anggraeni

Membahas mengenai berita yang sedang ramai diperbincangkan yaitu " Wacana Presiden tiga periode", Saya menanggapi dengan tidak menyetujui hal tersebut untuk di terapkan di Indonesia. dengan argumen akan mundurnya regenerasi kepemimpinan misalnya , Jika seorang Presiden sedang memimpin dalam masa jabatannya terdapat hal yang belum tuntas dikerjakan dalam program kerjanya , akan ada kemungkinan presiden tersebut untuk menjabat pada 2 periode selanjutnya. tentu saja ditambah lagi dengan dukungan penuh oleh para pendukung sebelumnya.
 
Hal ini menurut saya akan menghambat sistem kinerja kepemimpinan dan regenerasinya, karena kepemimpinan tersebut akan terus membenahi struktural dan visi misi nya yang belum tercapai. Saya lebih setuju pada perubahan sistem  menjadi masa jabatan hanya 1 periode tetapi dengan kurun waktu 7 tahun. Sehingga apapun kondisinya calon presiden yang akan memimpin harus mempertimbangkan program program yang  sekiranya dapat diselesaikan dan membuahkan hasil yang bermanfaat dalam kurun waktu tersebut.

Dengan sistem tersebut juga kiranya mungkin dapat mengurangi anggaran pesta demokrasi yang begitu fantastis. yang mana jika sebelumnya dilakukan pada tiap 5 tahun sekali, kini menjadi 7 tahun sekali. Namun Hal ini tentu saja perlu dikaji lebih mendalam oleh para pakar tertentu yang lebih mengetahui mengenai persoalan tersebut.


Rantika Anggraeni, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia