x
BREAKING NEWS

Senin, 23 Desember 2019

Kenapa harus Grab?



Perusahaan Grab, Go-Car, dan Uber merupakan perusahaan penyediaaplikasi jasa transportasi. Grab, Go-Car dan Uber ini bukan perusahaantransportasi, ketiganya adalah provider yang bekerjasama dengan pengemudi,sehingga memberikan kemudahan kepada customer dalam melakukan pemesanan.Transportasi berbasis online saat ini sudah mulai menyebar dikota-kota besar seluruh Indonesia, salah satunya adalah di Kota Surabaya. Meskipun transportasi online beroperasinya di Kota Surabaya, namun kewenangan terhadap perizinan transportasi online adalah di DinasPerhubungan Provinsi Jawa Timur.Transportasi online kewenangan dariDinas Perhubungan ProvinsiJawa Timur, karena itu angkutan sewa, masuknya angkutan sewa.Kalo angkutan umum dalam trayek atau tidak dalam trayek. Online itu adalah aplikasinya, jadi harus dibedakan, ini disediakan oleh provider. Transportasi online untuk bisa beroperasi harus melakukan izin keDinas Perhubungan Provinsi. Karena transportasi online dalam bentuk mobil pribadi tersebut merupakan angkutan sewa. Sehingga jangkauannya tidakhanya dalam satu kota, namun bisa diluar kota juga. Sehingga trayek angkutan online tersebut bebas tidak ditentukan oleh Dinas Perhubungan.Seluruh angkutan umum yang beroperasi harus mendapatkan izin resmi Dinas Perhubungan dan mengikuti aturan yang ditentukan. Salah satu peraturan angkutan umum adalah perusahaan transportasi online harus berbadan hukum.Penertiban dengan beberapa instansi, mengajak kepolisian dengan melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada pemilik supaya bergabung menjadi badan usaha dulu, karena diamanatkan dalamundang-undang dan PP 74. Angkutan umum itu harus berbadanhukum, kalau sudah berbadan hukum silahkan, nanti izinnya diprovinsi. Transportasi berbasis online dalam bentuk mobil menjadikan permasalahan. Perusahaan seharusnya dalam bentuk badan hukum, namun Wawancara dengan Bapak FPegawaiDinas Perhubungan Kota Surabaya BidangAngkutan Darat pada tanggal 7 Maret 2017 Pukul 08.00 WIB
peusahaan ini tetap menjadi provider, hanya saja bekerjasama dengan koperasi. Koperasi fungsinya adalah sebagai penyewaan mobil apbila mitra pengemudi tidak memiliki mobil pribadi. karena dalam melakukan pendaftaran mitra pengemudi langsung secara online melalui aplikasi yangtelah disediakan, setelah itu melengkapi persyaratan dan datang ke kantor untuk training penggunaan aplikasi mitra, selanjutnya mitra sudah bias mencari penumpang. Pengemudi langsung terhubung dengan perusahaan melalui aplikasi tersebut.Pada umumnya transportasi yang digunakan untuk angkutan, harusplat kuning dan tarif disesuaikan dengan peraturan daerah. Karena yang digunakan adalah mobil pribadi sehingga tetap menggunakan plat hitam.Penindakan terhadap angkutan online ada di kepolisian, kenapa harus di tindak, karna gini, angkutan umum itu harus plat kuning kalu angkutan umum plat hitam itu gak ada, karna kita menarik pungutan didalam kendaraan itu plat kuning.Transportasi berbasis online ini bebas dalam tarif, bahkan perusahaan sendiri yang memberikan ketentuan tarif. Hal ini yang menimbulkan perselisiahan antar transportasi online dan transportasi konvensional. Karena transportasi online bisa menentukan tarif serendah-rendahnya dan transportasi konvensional harus mengikuti tarif batas bawah yang ditetapkan pada Peraturan Walikota Surabaya.Biaya untuk penumpang diatur di perwali batas atas dan batas bawah,kemudian perkilometernya itu juga ada diatur.
Selain itu, mitra pengemudi tidak ada yang mengetahui tarif untukpenumpang, karena tarif sudah muncul secara otomatis pada aplikasi saat melakukan pemesanan.Kalo ditanya harga ya gak tau, lihat saja di aplikasi, saya aplikasinya driver, kalombak'epa kek yang untuk penumpang itu langsung ada harganya. Aplikasi yang disediakan bukan hanya sebagai pemesanan saja,namun juga terdapat kisaran harga sebelum pemesanan jasa transportasi. Mitra pengemudi tidak bisa menentukan tarif untuk penumpang, karena tariff penumpang sudah tersedia ketika melakukan pemesanan.Penentuan tarif oleh perusahaan menunjukkan bahwa transportasi berbasis online dalam bentuk mobil ini tidak melaksanakan peraturan yangditetapkan oleh Dinas Perhubungan. Tarif yang relatif lebih murah menjadikan pasar angkutan umum lainnya berkurang, sekalipun transportasi berbasis online tidak bersaing dengan angkutan umum lainnya.Dengan adanya angkutan online itu pasti mengurangi porsi pendapatan angkutan konvensional, Karena angkutan online menggunakan telepon,murah, saya gak tau pasti tarif murahnya dan dirasakan sebagai hal baru Menurut data angkutan darat, munculnya transportasi online menjadisalah satu penyebab menurunnya jumlah pendapatan taksi. menggunakan transportasi berbasis online. Tawaran harga dan promo yang diberikan membuat masyarakat berburu angkutan berbasis online. Namun dibalik kemudahan yang diberikan, keselamatan perjalanan belum tentuterjamin. Tarif yang ditentukan tidak termasuk dalam asuransi, semua tariff merupakan penghasilan dari mitra pengemudi. Sedangkan pengguna angkutan umum terjamin oleh jasa raharja, dalam tarif yang ditentukan sudah ada persentase asuransi. Kemudahan yang didapatkan dari transportasi online belum tentu menjamin keselamatan penumpang. Pemaparan dari Staf Dinas Perhubunganmenekankan pada identitas mobil dan pengemudi yang tidak terdata di Dinas Perhubungan. seharusnya seluruh angkutan yang beroperasi memiliki nomor lambung, dan pengemudinya terdaftar, sehingga jika terjadi kejahatan dalamangkutan, akan mudah dalam menganalisa tersangkanya.Beroperasinya transportasi online berupa mobil tersebut merupakanhal baru, namun juga menjadikan permasalahan jika transportasi online tidak menerapkan peraturan pemerintah.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia