x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 Desember 2019

Kelola Air Sebaik-baiknya

Oleh : Muhammad Ilham Alhusairy

Kelola Air Sebaik-baiknya

Musim kemarau melanda negeri hingga kekeringan pun terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Permaslahan pun muncul ketika musim kemarau terjadi yaitu sedikitnya persediaan air. Masyarakat kebingungan ketika memang persediaan air untuk keperluan sehari-hari tidak ada. Maka perlu adannya solusi untuk permasalahan ini.

Metode yang bisa digunakan untuk menghadapi musim kemarau ini, yakni meningkatkan kapasitas penyimpanan air dalam tanah dengan memanfaatkan bahan organik. Berdasarkan penelitian pemberian bahan organik meningkatkan kapasitas  menyimpan air  meningkat hingga 30 %.

Tata kelola air sebaiknya dimulai sejak musim hujan untuk menghindari penyusutan cadangan air pada musim kemarau. Air pada musim hujan di konservasi di lahan maupun saluran-saluran serta disimpan pada tandon air yang biasa disebut long storage dengan memanfaatkan saluran yang ada. Pada musim kering, air yang tertahan di long storage dapat dimanfaatkan pada musim kemarau.

Perangkat infrastruktur untuk long storage dapat dilakukan dengan membuat pintu-pintu air sehingga secara otomatis air yang melimpah pada musim hujan dapat disimpan dan tidak hilang menjadi air limpasan.

Untuk musim kemarau ini memang perlu perhatian khusus pada pemakaian air yang harus di kurangi atau di gunakan seefektif mungin. Itu semua tentu menjaga stok atau persediaan air yang bisa digunakan untuk keperluan yang lain.


Penulis,
Mahasiswa UIN Sunan Gunung DJati Bandung
Alamat : Kp. Ciganti Girang Rt 03 Rw 02, Desa Margaluyu Kab. Garut

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia