x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Jagalah Kesehatan Agar di Musim Hujan Tetap Merasa Aman

Sebagai Negara dengan perubahan cuaca yang tidak bisa di duga-duga, sudah sepantasnya kita menjaga kesehatan secara ekstra agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Apalagi pada saat musim hujan sudah di depan mata, penyakitpun sudah sangat merajalela.

menurut kajian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Musim hujan mulai melanda sebagian kecil wilayah Indonesia awal November ini dan akan segera mengguyur banyak daerah lainnya dalam beberapa pekan ke depan, puncaknya diperkirakan awal Desember.

Pada saat hujan turun, udara akan terasa semakin dingin sehingga bisa menurunkan imunitas tubuh seseorang. Pasalnya, pada saat musim hujan banyak sekali virus dan bakteri yang berkembang biak dan menginfeksi manusia.
Karena pada musim hujan banyak sekali biang penyakit yang merajalela, jangan sampai hal itu membuat kita terserang penyakit langganan di musim hujan seperti flu, diare, masuk angin, dan sebagainya.bisa-bisa aktivitas kita sehari-hari dapat terganggu apabila kita terserang salah satu penyakit tersebut.

Nah oleh sebab itu, penting sekali menjaga kesehatan tubuh agar kita tetap merasa nyaman saat di musim hujan. Apa saja sih yang harus di lakukan? Ribet gak sih? Memakan banyak biaya gak sih? Tenang aja, menjaga kesehatan tubuh dimusim hujan itu gampang kok asal dilakukan dengan benar dan rutin aja tentunya.

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan tubuh karena air hujan tidak selalu bersih bahkan kerap mengandung partikel-partikel polusi sehingga kita perlu menjaga kebersihan tubuh secara ekstra. Pastikan seluruh bagian tubuh bersih maksimal dan sebisa mungkin kita juga harus sering-sering membersihkan tangan karena tangan merupakan tempat dimana banyak virus dan bakteri bersarang. Selain menjaga kebersihan tubuh, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan karena, pada saat musim hujan lingkungan bisa menjadi lebih kotor daripada musim kemarau. Lingkungan yang kotor dan lembap biasanya menjadi tempat ternyaman bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak. Oleh karena itu kita harus sering-sering membersihkan lingkungan misalnya dengan hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.

Dengan melakukan hal-hal tersebut diharapkan dapat meminimalisir gangguan yang terjadi saat musim hujan, point pentingnya yaitu bisa menjaga kita dari berbagai macam penyakit yang menjadikan kita sasaran empuknya. Segala sesuatu harus di mulai dari diri sendiri maka dari itu mulailah pola hidup yang baik agar di musim hujan tetap merasa nyaman dan kesehatan tubuh tetap optimal.

Siti Sinta Fauziah
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung .

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia