x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 Desember 2019

Jaga Lingkungan Sebelum Curah Hujan Datang

Oleh: Ismi Suryana Putri

Saat ini kita sedang dilanda oleh kemarau, kemarau kali ini lebih lama. Dan dikhawatirkan jika tidak turun hujan juga akan berdampak buruk. Dari mulai tumbuhan akan sulit subur, sungai kering, pelancaran  air di pemukiman rumah warga sedikit tidak lancar karena musim kemarau. Disaat musim kemarau juga kadang baik kadang tidak karena disaat lamanya kemarau banyak manusia yang kekeringan kalau kelama-lamaan.

Faktor penyebab kekeringan itu adalah adalah akibat fenoma El Nino. El Nino itu fenoma memanasnya suhu muka laut di samudera Pasifik bagian tengah hingga timur. Dampak dari El Nino yang terjadi di sejumlah daerah indonesia adalah kondisi kering dan berkurangnya curah hujan. El Nino  sama dengan musim kemarau sehingga dampak yang dirasakan adalah kemaraunya lebih kering. Yang Kekeringan  diprediksi tahun ini tak terjadi seperti pada tahun 2015 lalu.

Di musim kemarau juga banyak manusia itu lupa akan lingkungannya seperti buang sampah masih sembarangan, jarang membersihkan lingkungannya karena mungkin musim kemaau itu diidentiknya dengan malas karena cuaca panas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menjaga akan datangnya hujan, jadi kita harus tetap menjaga lingkungan sekitar kita seperti untuk menjaga kebanjiran, sebaiknya kita bersihkan solokan, lorong-lorong air, supaya bersih dari sampah, buang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya itu semua agar ketika waktu hujan tiba tidak terjadi banjir. Lalu solusi untuk menjaga diri sendir itu dengan menjaga kesehatan, supaya badan kita sehat jasmani da rohani, supaya badan kita kuat, dengan cara makan teratur, minum vitamin dan lain sebagainya.

Jadi, intinya kita itu harus menjaga diri kita sendiri dan lingkungan dan disini juga kita sebagai mahasiswa harus memiliki kesadaran tersendiri harus dewasa, paham dengan situasi lingkungan sehingga dia bisa menjaga dirinya sendir dan lebih peka terhadap kebersihan sendir tanpa harus disuruh.

 

  

ISMI SURYANA PUTRI

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati,

Bandung

 

 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia