x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Hukuman Bagi Para Oknum Sebagai Cara Memberantas Korupsi di BUMN

Korupsi merupakan suatu masalah besar yang tentu saja perlu mendapat perhatian serius oleh kita semua sebagai anak bangsa serta calon pemimpin masa depan nantinya. Kita sebagai anak bangsa tidak bisa hanya berdiam diri saja dan melihat penyakit itu terus berkelanjutan, sehingga akan berdampak serius di masa depan nantinya, kita harus segera menemukan solusi pasti untuk memecahkan masalah ini.

Nasib pemberantasan korupsi masih belum bisa sepenuhnya di dalam kesadaran masyarakat kita. Ada beberapa faktor : Pertama, dari segi perundang-undangan, bukan soal keberanian untuk mengeluarkan PERPU atau tidak, tetapi sanksi yang kurang tegas yang diberikan kepada para koruptor dan selama ini masih kategori ringan, menimbulkan tidak ada efek jera. Kedua, penegakan hukum yang masih rapuh, dengan banyaknya keputusan hakim yang menjatuhkan hukuman rendah bagi koruptor, yang dikategorikan kejahatan luar biasa. Ketiga, budaya masyarakat yang masih mengagungkan hidup mewah dengan cara instan, yang seringkali menghalalkan segara cara untuk mencapai hal itu, menjadi akar korupsi para pejabat kita, menjadi akar kolusi para pengusaha, dan lemahnya daya kontrol masyarakat pada pemerintah baik di eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Pemberantasan korupsi bisa menjadi kesadaran bersama yang terus hidup dalam masyarakat, apabila kita suka hidup jujur, sederhana, dan takut kepada Allah, maka kita tidak akan melakukan perbuatan korupsi. Dan salah satu cara untuk menghukum para pelaku korupsi dengan cara menjatuhi hukuman kepada para pelaku korupsi dengan setimpal, memenjarakan para pelaku korupsi dan berlakukan biaya denda untuk para pelaku korupsi sebagai cara untuk memberantas korupsi.


Muhammad Rifki Irawan

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia