x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

Hujan di tanah tropis

Hujan di Tanah Tropis
   dakwahpos.com, Bandung - Sebagai penduduk yang tinggal di daerah tropis, yang hanya memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau. Maka setiap tahunnya kita dibiasakan melewati 2 musim tersebut, panas dan dingin. Dan dibandingkan dengan negara lain yang memiliki 4 musim, kita termasuk yang beruntung karena negara kita hanya memiliki 2 musim saja.
     Ketika musim kemarau tiba maka panas dan kekeringan melanda negeri ini, begitu pun sebaliknya ketika musim hujan melanda maka dingin dan banjir melanda negeri ini. Mungkin di telinga kita sebagai warga negara Indonesia sudah tidak heran lagi dengan kata "hujan" dan "banjir". Yups itulah identiknya Indonesia, ketika musim hujan turun maka di beberapa daerah di Indonesia mengalami yang namanya kebanjiran.
     Banjir mungkin sudah menjadi teman akrab bagi warga negara Indonesia sendiri. Kenapa ? karena hampir setiap tahun, setiap musim hujan mulai melanda maka berita banjir yang menggenang beberapa daerah pun mulai terdengar. Tidak heran jika Indonesia juga dijuluki sebagai kota banjir.
      Beberapa daerah seperti ibukota Jakarta, Bandung, Kalimantan, dll bisa dibilang sebagai daerah yang sering sekali mengalami banjir. Dan sebenarnya banjir tidak hanya diakibatkan oleh curah hujan yang sering tetapi sedikitnya tempat di beberapa daerah di Indonesia ini untuk menampung air yang turun. Karena banyaknya pembangunan gedung-gedung tinggi dan penebangan-penebangan hutan secara liar, itulah yang menyebabkan setiap tahunnya dalam musim hujan Indonesia mengalami bencana banjir.
      Tetapi hujan tidak selamanya membawa bencana bagi warga Indonesia. Bahkan ada warga di beberapa daerah lainnya merasa diuntungkan karena kedatangan musim hujan ini. Contohnya seperti di daerah yang mayoritas pekerjaannya adalah petani, maka mereka bersyukur dengan adanya hujannya ini.
      Hujan yang turun pun tidak selalu membawa musibah bagi kita tetapi hujan juga membawa keberkahan bagi kita. Tinggal bagaimana kita mensyukuri atas segala yang diberikan oleh Allah. Dan tidak akan ada banjir kalau kita sendiri tidak berulah. Jadi marilah mulai dari sekarang kita perbaiki. Stop untuk melakukan kegiatan-kegiatan ilegal seperti menebang pohon sembarangan, membakar hutan sembarangan, membuang sampah sembarangan, dll. Karena jika bukan kita lalu  siapa lagi. Jika bukan sekarang lalu kapan lagi.

Nadirah
mahasiswi KPI Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia